EVALUASI KUALITAS PRODUK TAS BODYPACK JENIS REGULER DAYPACK DALAM MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN (PT. EKSONINDO MULTI PRODUCT INDUSTRY)

CHANDRA, RIYAN (2012) EVALUASI KUALITAS PRODUK TAS BODYPACK JENIS REGULER DAYPACK DALAM MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN (PT. EKSONINDO MULTI PRODUCT INDUSTRY). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.hal cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text (BABI)
3.bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text (BAB II)
4.bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (BAB III)
5.bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
6.bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB V)
8.bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Reguler daypack merupakan suatu produk jenis ransel yang sering digunakan oleh masyarakat dalam melakukan pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu, produk regular daypack yang beredar dipasaran semakin berkembang, ditandai dengan banyaknya variasi-variasi produk yang ditawarkan pada konsumen. Kebutuhan dan keinginan konsumen yang sangat bervariasi dan terus berkembang menunjukkan bahwa konsumen pada saat ini tidak puas pada produk regular daypack yang ada. Penelitian ini akan merancang dan mengembangkan produk regular daypack merek Bodypack dengan menggunakan Quality Function Development (QFD). Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen yang sebenarnya, dilakukan observasi dan survei dengan menggunakan metode kuesioner. Perancangan kuesioner dalam penentuan atribut dilakukan berdasarkan 8 dimensi kualitas garvin, yang terdiri dari : Durability, Reliability, Preceived Quality, Aesthetic, Service Ability, Performance, Feature, dan Conformance. Dari 31 atribut yang ada akan direduksi sehingga menghasilkan 14 atribut yang akan dijadikan kuesioner penelitian. Hasil kuesioner ini menggambarkan costumer needs yang datanya akan diolah menjadi tingkat importance dan satisfaction terhadap produk regular daypack pada saat ini. Selain data atribut kebutuhan konsumen, maka diperlukan pula data karakteristik teknis yang menjadi dasar pengembangan teknis terhadap produk ini. Sesuai dengan kegiatan observasi industri, maka didapatkan 22 karakteristik teknis yang relevan dalam pengembangan produk regular daypack. Karakteristik teknis itu akan dikelompokkan menjadi 3 bagian besar yang terdiri dari : Jenis bahan, Desain, dan Sistem penjualan. Matriks HOQ menjelaskan tingkat hubungan antara atribut dan karakteristik teknis produk regular daypack. Secara keseluruhan, matriks HOQ akan menghasilkan input prioritas dan target karakteristik teknis, dimana prioritas merupakan dasar dalam pengembangan konsep produk dan target karakteristik teknis adalah sasaran dari proses desain ulang secara keseluruhan. Adapun 5 urutan prioritas terbesar yang merupakan output dari matriks HOQ adalah “Kekuatan jenis bahan utama ransel”, “Lebar atas bagian depan”, “Lebar tengah bagian depan”, “Tinggi bagian belakang” dan “Penempatan kantung”. Setelah mendapatkan prioritas karakteristik teknis produk regular daypack yang akan dikembangakan selanjutnya dengan dilakukan penentuan target karakteristik teknis. Dalam menentukan target karakteristik teknis dipilih berdasarkan tingkat kepuasan konsumen tertinggi dari seluruh merek regular daypack yang tertera pada matriks HOQ.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 12 078
Call Number: SE/31/12/078
NIM/NIDN Creators: 43108010138
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Apr 2012 12:51
Last Modified: 15 Aug 2025 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

View Item View Item