ANALISA PENGARUH VARIASI PEGAS KATUP STANDAR, XR DAN EDR TERHADAP PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA YAMAHA VEGA ZR

MUSTOFA, MUSTOFA (2012) ANALISA PENGARUH VARIASI PEGAS KATUP STANDAR, XR DAN EDR TERHADAP PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA YAMAHA VEGA ZR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 HAL COVER.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 HAL DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui performa dan konsumsi bahan bakar pada motor bensin empat langkah yang menggunakan beberapa variasi pegas katup yaitu: 1. Pegas katup standar 2. Pegas katup XR 3. Pegas katup EDR. Pengujian untuk mengetahui perubahan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada motor bensin empat langkah, peneliti melakukan pengujian di Ultra Speed Racing dengan menggunakan Dyno Test. Berdasarkan pengujian kecepatan pegas katup EDR dan pegas katup XR memiliki akselerasi lebih baik dari pegas katup standar. Untuk pengujian kecepatan 0-20 km/jam jam penggunaan pegas katup EDR 15,62 % lebih cepat dari pegas katup XR dan 21,87%lebih cepat dari pegas katup standarnya. Untuk kecepatan 0-40 km/jam penggunaan pegas katup EDR 17,39% lebih cepat dari pegas katupXR dan 34,78 %lebih cepat bila dari pegas katup standarnya. Pada pengujian kecepatan 0-60 km/jam pegas katup EDR 23,35% lebih cepat dari pegas katup XR dan 34,304% lebih cepat dari pegas katup standarnya.Pada pengujian daya dan torsi pada pegas katup standar didapat hasil daya 7,457N-m@5900rpm dan torsi 5,143kW(7,257Hp)@7664rpm, pada pegas katup XR didapat hasil daya 7,804N-m@5430rpm dan torsi 5,662kW(7,591HP)@7708rpm pada pegas katup EDR didapat hasil daya 9,129N-m@5680rpm dan torsi 6,476kW(8,681Hp)@7433rpm. Pada pengujian konsumsi bahan bakar pada rpm 2000 penggunaan pegas katup standar 1,78% lebih irit dari penggunaan pegas katup XRdan 3,24% dari penggunaan pegas katup EDR. Sedangkan pada rpm 4000 penggunaan pegas katup standar 2,16% irit dari penggunaan pegas katup XR dan 3,98% dari penggunaan pegas katup EDR untuk konsumsi 100 ml bahan bakar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 12 012
Call Number: STI/13/12/012
NIM/NIDN Creators: 41307010020
Uncontrolled Keywords: Pegas Katup, Dyno Test, Kecepatan dan Konsumsi Bahan Bakar
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Mar 2012 09:36
Last Modified: 10 Dec 2025 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20419

Actions (login required)

View Item View Item