ANALISA PERFORMASI PENGEREMAN KONVENSIONAL DIBANDINGKAN DENGAN PENGEREMAN ANTI-LOCK

JAELANI, ABDUL KADIR (2012) ANALISA PERFORMASI PENGEREMAN KONVENSIONAL DIBANDINGKAN DENGAN PENGEREMAN ANTI-LOCK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (BAB II)
4. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
5. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB IV)
6. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text (BAB V)
7. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

Sistem pengereman yang dibutuhkan pada sebuah kendaraan adalah sistem pengereman yang dapat bekerja dengan baik dan juga tidak menimbulkan resiko yang membahayakan. Tanpa kita sadari, angka kecelakaan akibat dari sistem pengereman kendaraan yang kurang baik sangat menonjol. Seiring dengan kemajuan teknologi, kebutuhan akan sistem pengereman Anti-Lock bagi kendaraan semakin terasa, terutama untuk kendaraan berkecepatan tinggi. Walaupun bukan temuan yang baru namun sistem pengereman Anti-Lock dapat menjadi andalan dan kelebihan kendaraan (mobil) pada saat ini. Penyusunan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa perbandingan performansi pengereman konvensional dengan pengereman Anti-Lock dilihat dari waktu, jarak, dan gaya pengereman, penelitian dilakukan dengan mendatangi bengkel resmi BMW untuk mengumpulkan data dan melakukan uji coba dengan menggunakan kendaraan BMW tipe 323i dengan kecepatan yang bervariasi. Dari hasil perhitungan secara teoritis diperoleh data-data sebagai berikut : • Pada kecepatan 20 km/jam sampai dengan 60 km/jam, antara sistem pengereman Anti-lock dengan pengereman konvensional terdapat selisih waktu pengereman sebesar 1, 415 detik, selisih jarak pengereman 9, 174 meter, selisih gaya pengereman roda depan 1811, 38 N, dan selisih gaya pengereman roda belakang sebesar 1821, 97 N. • Pada kecepatan 60 km/jam sampai 100 km/jam, antara sistem pengereman Anti-lock dengan pengereman konvensional terdapat selisih waktu pengereman sebesar 2, 832 detik, selisih jarak pengereman 32, 781 meter, selisih gaya pengereman roda depan 3629,2 N, dan selisih gaya pengereman roda belakang sebesar 3650, 3 N.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 12 022
Call Number: STI/13/12/022
NIM/NIDN Creators: 41307010003
Uncontrolled Keywords: Rem, anti-lock brake system
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Mar 2012 15:23
Last Modified: 10 Dec 2025 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item