PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

DAMAYANTI, RETNO K. (2012) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. hal Cover.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pergeseran penggunaan endorser pada iklan susu SGM ”Aku Anak SGM” dimana sebelumnya menggunakan endorser anak kecil kini menggunakan endorser orang dewasa tepatnya seorang celebrity endorser. Dipilihnya Sarah Sechan sebagai celebrity endorser susu SGM ”Aku Anak SGM” dalam penelitian ini juga tak lepas dari popularitasnya sebagai selebritis di depan layar yang lebih diketahui oleh banyak khalayak dibandingkan celebrity endorser Mira Lesmana sebagai sutradara yang lebih banyak bekerja di belakang layar. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan celebrity endorser pada iklan susu SGM ”Aku Anak SGM” versi Sarah Sechan terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini digunakan teori S-O-R (stimulus, organisme, response) yang menjelaskan proses terjadinya komunikasi dalam iklan dan bahwasanya efek yang dikehendaki merupakan reaksi terhadap stimulus yang dalam hal ini adalah isi pesan dalam iklan. Dimensi dari celebrity endorser yang digali dari penelitian ini berdasarkan dari konsep Terence A. Shimp yaitu Attractiveness (daya tarik), Trustworthiness (keyakinan/kepercayaan) dan Expertise (keahlian) Sifat penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan metode yang digunakan adalah metode survey dengan tehnik purposive sampling dan pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel yang diambil sebanyak 93 responden yang didapat dengan mengambil 50% dari total populasi ibu-ibu berumur 20 sampai dengan 46 tahun yang memiliki anak balita yang mengkonsumsi susu pertumbuhan berjumlah 180 orang di lingkungan RW 04 Kelurahan Cempaka Baru Jakarta Pusat. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial dari dimensi Attractiveness, Trustworthiness dan dimensi Expertise; celebrity endorser Sarah Sechan mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli konsumen dengan tingkatan sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 12 008
Call Number: SK/43/12/008
NIM/NIDN Creators: 44306110035
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Celebrity Endorser Pada Iklan, Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen" (Survei Terhadap Ikla
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Mar 2012 13:30
Last Modified: 25 Jun 2025 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20216

Actions (login required)

View Item View Item