PRIYANTO, ADI (2012) STRATEGI PROMOSI IKAPI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG “PESTA BUKU JAKARTA 2011”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (15kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Strategi promosi merupakan salah satu langkah yang harus dilewati didalam setiap kegiatan pemasaran. Tidak terkecuali suatu kegiatan pameran yang bertujuan memamerkan dan menjual produk-produk tertentu tentu saja mengharapkan kedatangan banyak orang ke lokasi pameran tersebut. Agar tujuan tersebut tercapai tentunya diperlukan strategi-strategi tertentu khususnya yang berkaitan dengan promosi dan publikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertanyaan-pertanyan yang muncul seputar pelaksanaan event ‘Pesta Buku Jakarta’ yang diselenggarakan oleh IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia), sebuah pameran buku yang pada tahun 2011 memasuki tahun ke-dua puluh satu penyelenggaraannya, khususnya pertanyaan seputar strategi promosi yang telah dilakukan oleh penyelenggara pameran untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Dalam melakukan komunikasi pemasaran, perusahaan perlu melakukan pengenalan terhadap konsumen yang dianggap potensial terhadap sesuatu yang ditawarkan. Oleh sebab itu perlu dilakukan segmentasi, targeting, dan positioning dengan cermat dan teliti. Strategi promosi berarti sebuah program terkendali dan terpadu dari metode komunikasi dan material yang dirancang untuk menghadirkan perusahaan dan produk-produknya kepada calon konsumen. Penelitian ini menggunakan sifat dan tipe yakni deskriptif kualitatif. Desktiptif berarti terbatas pada bahasan untuk menggambarkan suatu masalah, keadaan, atau peristiwa secara objektif, sistematis, dan cermat sebagaimana adanya suatu keadaan. Kualitatif berarti penelitian ini tidak membicarakan logika matematis atau erhitungan angka-angka, namun lebih ditekankan pada pembicaraan sebenarnya, isyarat dan tindakan sosial. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh pihak penyelenggara pameran yaitu dengan menggunakan pull strategy, dimana kegiatan promosi dilakukan langsung ke target sasaran (end user) karena memang target dari kegiatan pameran ini adalah pengunjung pameran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 12 012 |
Call Number: | SK/43/12/012 |
NIM/NIDN Creators: | 4430411-054 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi, Ikapi, Meningkatkan Jumlah Pengunjung, Pesta Buku Jakarta 2011 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 20 Apr 2012 10:35 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:55 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |