USULAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DI PT. GITA MANDIRI TEHNIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLOCPLAN

ARIZONA, INDRA (2011) USULAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DI PT. GITA MANDIRI TEHNIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLOCPLAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Metogologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Pengumpulan & Pengolahan Data.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Analisis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)

Abstract

Kelancaran aliran produksi salah satunya sangat ditentukan oleh adanya tata cara pengaturan fasilitas-fasilitas produksi, dengan tujuan meminimasi material handling sehingga dapat menaikkan moral kerja dan performance dari operator. Pada PT Gita Mandiri Tehnik Selama ini pelaksanaan aktivitas produksi mengalami hambatan yang disebabkan oleh kondisi tata letak yang sekarang belum standar sesuai dengan kriteria tata letak yang baik sehingga menyebabkan terjadinya panjang lintasan material handling yang jauh dan perpotongan aliran material, sehingga menimbulkan Ongkos Material Handling (OMH) yang lebih besar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan kelancaran proses produksi dengan menelaah tata letak fasilitas dengan menggunakan metode BLOCPLAN, metode ini dapat memperhitungkan derajat kedekatan antar stasiun kerja, membangun dan mengubah tata letak dengan mencari total jarak tempuh yang minimal dilalui dalam perpindahan material dan proses output yang cepat secara automatic research dalam menemukan solusi tebaik. Evaluasi dan perancangan tata letak pabrik ini bertujuan untuk merancang tata letak pabrik baru yang dapat memanfaatkan area dengan baik dan menghasilkan aliran material yang lancar sehingga dapat mengurangi ongkos material handling. Perancangan tata letak pabrik ini dilakukan pada seluruh fasilitas departemen produksi dengan menggunakan bantuan software program BLOCPLAN. Berdasarkan analisis perhitungan software program BLOCPLAN dihasilkan 20 alternatif layout usulan. Langkah selanjutnya, layout usulan dipilih mempunyai nilai mempunyai nilai R-score 0.81, berarti terbaik dari 20 alternatif layout usulan. Dengan penerapan tata letak usulan, maka terjadi pengurangan ongkos material handling dari Rp 17,095,210.9 (layout awal) menjadi Rp 15,749,643.7 (layout usulan) terjadi penurunan biaya sebesar 8%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 11 013
Call Number: STI/16/11/074
NIM/NIDN Creators: 41609120018
Uncontrolled Keywords: Tata Letak Fasilitas, From To Chart, Material Handling, Blocplan
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 31 Oct 2011 11:52
Last Modified: 18 Apr 2024 06:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19971

Actions (login required)

View Item View Item