PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL E-NEWSLETTER DI PT. BANK COMMONWEALTH, JAKARTA

FLORA, LUNA MARGARETH (2011) PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL E-NEWSLETTER DI PT. BANK COMMONWEALTH, JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)

Abstract

Komunikasi di lingkungan kerja sangat berpengaruh pada karyawan di perusahaan, maka hubungan dengan karyawan harus tercipta dengan baik agar karyawan dapat memberikan kinerja terbaik mereka pada perusahaan. Untuk mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan serta terciptanya komunikasi yang efektif, maka diperlukan media internal perusahaan yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dengan publiknya, khususnya karyawan sebagai publik internal utama perusahaan. Salah satu bidang kerja departemen humas dalam sebuah perusahaan adalah mengelola media internal perusahaan. PT. Bank Commonwealth sebagai sebuah lembaga penyedia jasa keuangan juga memiliki sebuah media internal berbentuk Enewsletter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi karyawan terhadap media komunikasi internal E-newsletter di PT. Bank Commonwealth, Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori Persepsi dari Jalaluddin Rakhmat, yang mengukur tiga proses mengenai persepsi. Tiga proses tersebut terdiri dari: sensasi, atensi dan intepretasi. Penelitian skripsi ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian survei untuk menggambarkan dan menjelaskan respon khalayak atas stimulus tertentu dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner). Metode penelitian sampel ini menggunakan probabilitas atau menggunakan prinsip kerandoman yang diambil dari populasi mempunyai peluang sama untuk dipilih menjadi sampel. Data diolah dengan menggunakan program SPSS (Statistic Program for Social Science) Ver. 16 dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa topik penelitian ini adalah positif. Karena berdasarkan hasil jawaban responden diketahui bahwa total rata-rata jawaban responden adalah sebesar 4,17 (data SPSS terlampir) melewati nilai Positif (4). Ini berarti karyawan memiliki PERSEPSI POSITIF terhadap media komunikasi internal E-newsletter di PT. Bank Commonwealth. Kesimpulan yang dapat diambil adalah PT. Bank Commonwealth sebagai bank asing yang sedang berkembang pesat di Indonesia, membutuhkan peran PR yang lebih aktif dalam mensosialisasikan media internal, memanfaatkannya secara optimal dan mampu mengelola distribusi informasi karyawannya dengan baik. Penulis menyarankan beberapa hal yaitu agar digunakan pendekatan penelitian yang berbeda untuk mengkaji studi komunikasi organisasi dan media internal secara khusus serta diharapkan agar E-newsletter dapat dioptimalkan dan lebih disosialisasikan kepada seluruh karyawan, agar informasi yang ingin disampaikan dapat secara efektif di terima oleh seluruh karyawan PT. Bank Commonwealth, Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 120
Call Number: SK/42/11/148
NIM/NIDN Creators: 44206120032
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Media Komunikasi, E-newsletter, Bank Commonwealth
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Oct 2011 10:38
Last Modified: 17 Sep 2025 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item