SHENURTI, ELLONI (2011) PERSPEKTIF PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
01. HAL COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
03. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
|
Text (BAB II)
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
|
Text (BAB III)
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text (BAB V)
07. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. HAL DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif Balanced Scorecard sebagai tolok ukur penilaian kinerja pada RSUD Koja. Untuk dapat mengukur kinerja pada rumah sakit, diperlukan suatu tolok ukur yang tidak hanya bertumpu pada kinerja aspek keuangan, tetapi juga non keuangan. Balanced Scorecard merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur secara seimbang aspek keuangan dan non keuangan, melalui 4 perspektif yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan melihat kinerja RSUD Koja pada kurun waktu 2008-2009. untuk data primer, dilakukan wawancara dan kuesioner kepada rumah sakit. Data sekunder diambil dari laporan keuangan dan protap rumah sakit. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja pada perspektif keuangan, belum dapat diukur dengan baik dan sempurna. Rumah sakit masih menggunakan pencatatan cash basis accounting, sehingga peneliti tidak dapat melakukan analisa rasio keuangan yang dinilai melalui instrument laporan keuangan dari laporan laba rugi. Kinerja pada perspektif pelanggan secara umum sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, hal ini dapat dilihat dari pemberian kebijakan-kebijakan tertentu pada pasien miskin dan PNS. xvi Untuk penanganan komplain pasien sudah tercatat dengan baik. Pada perspektif proses bisnis internal diperoleh gambaran bahwa RSUD Koja selalu berusaha untuk menangkap kemauan pasar melalui inovasi yang akan dan sedang dijalankan. Beberapa indikator telah menunjukkan kinerja yang baik. Tahun mendatang rumah sakit merencanakan adanya produk unggulan yaitu sedang dipersiapkan klinik laktasi. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, secara keseluruhan dapat dilakukan dengan baik terlihat dari retensi karyawan yang tinggi dilihat dari Labour Turn Over yang sama. Untuk absensi karyawan, terlihat sudah dijalankan dengan baik karena umumnya disiplin pegawai yang cukup tinggi. Sedangkan pelatihan dan pendidikan lanjutan yang dijalankan oleh pihak RSUD Koja telah dilakukan dengan baik. Pengukuran empat perspektif tersebut secara umum akan memberikan kemajuan bagi RSUD Koja.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FE/AK. 11 062 |
| Call Number: | SE/32/11/001 |
| NIM/NIDN Creators: | 43208120138 |
| Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecad, Performance Assessment |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 05 Apr 2011 13:43 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 07:18 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
