OPINI KHALAYAK TERHADAP TAYANGAN “MANCING MANIA” di Trans|7

MAULANA, HERMAN (2011) OPINI KHALAYAK TERHADAP TAYANGAN “MANCING MANIA” di Trans|7. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)

Abstract

Sebuah tayangan program dapat menjadi sebuah inspirasi bagi penontonnya. Salah satu alternatif cara yang ditempuh adalah membuat program acara yang menarik dengan menggunakan media yang tepat. Mancing Mania merupakan sebuah tayangan menarik dan sedikit berbeda yang menjadi unggulan bagi Trans|7 yang merupakan program mengenai kegiatan memancing yang seru akan petualangan dari laut maupun air tawar yang berasal dari daerah-daerah yang ada dipelosok Indonesia. Suatu pendapat atau opini terhadap satu program akan membuat pihak produksi berusaha meningkatkan kualitas atau mutu program mereka. Selain itu opini juga akan memberikan pengaruh bagi perusahaanperusahaan untuk mengiklankan atau mempromosikan produk mereka pada acara tersebut ditayangkan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana opini khalayak yang berdomisili di RW 03 Kelurahan Sudimara Barat Ciledug Tangerang terhadap tayangan Mancing Mania di Trans|7. Konsep yang digunakan mengacu pada konsep komunikasi massa yang dikemukakan oleh Jalaludin Rakhmat, yang membagi efek media massa kepada efek pesan yaitu efek kognitif dan efek afektif. Penelitian ini dilakukan dengan tehnik penarikan sampel non-probability sampling atau disebut juga sampel pertimbangan (judgemental sampling) yaitu, pengambilan sampel tertentu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sedangkan rancangan sampling dalam non-probability sampling yang digunakan adalah dengan menggunakan sampel purposif, yaitu memilih orang-orang tertentu karena dianggap, berdasarkan penilaian tertentu mewakili statistik, dan tingkat signifikasi dalam penelitian ini, dan yang menjadi sampel adalah Warga RW 03 Kelurahan Sudimara Barat Ciledug Barat. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya khalayak memberikan opini yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar dari jumlah responden yang diteliti menginterprestasikan unsur unsur yang terdapat pada tayangan Mancing Mania di Trans|7 tersebut dengan pilihan jawaban yang positif pada tahap pengetahuan dan opini afektif dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 132
Call Number: SK/41/11/011
NIM/NIDN Creators: 4410401-044
Uncontrolled Keywords: Opini Khalayak, Tayangan Mancing Mania Di Trans 7
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:23
Last Modified: 30 Jun 2025 01:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19740

Actions (login required)

View Item View Item