EFISIENSI DAN SMOOTH FLOW LINE FINAL TEST PADA PT TMMIN KARAWANG PLANT

SUKARTININGSIH, EKA (2011) EFISIENSI DAN SMOOTH FLOW LINE FINAL TEST PADA PT TMMIN KARAWANG PLANT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (BAB VI)
08. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)

Abstract

Dalam bidang teknik industri, efisiensi merupakan suatu keutamaan pada setiap kegiatannya untuk memproduksi suatu produk. Umumnya merencanakan keseimbangan dalam sebuah lintasan meliputi usaha yang bertujuan untuk mencapai suatu kapasitas yang optimal, dimana tidak terjadi penghamburan fasilitas (waktu, tenaga dan material). PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) adalah perusahaan yang bergerak di bidang industry manufaktur yang memproduksi alat transportasi berupa mobil. Agar menghasilkan produk yang baik dengan efisiensi kerja yang baik, dan juga mengurangi waktu mengganggur pada saat produk diproses. PT. TMMIN telah menerapkan takt time untuk setiap stasiun kerjanya, namun belum mencapai maksimal karena masih adanya waktu menganggur dan beban kerja yang tidak seimbang untuk setiap stasiun kerjanya. Besarnya nilai efisiensi dalam lintasan dipengaruhi oleh jumlah stasiun-stasiun kerja, dan dalam tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan metode bobot posisi untuk menghasilkan efisiensi yang lebih besar dari kondisi awal. Hasil dari penelitian dan penghitungan ini adalah peningkatan nilai efisiensi sebesar 4.93% dari 59.08 % menjadi 64.01% berkurangnya nilai waktu menganggur sebesar 983.34 detik, dari 2614.74 detik menjadi 1631.40 detik, berkurangnya jumlah stasiun kerja dan jumlah operator sebanyak 2 (dua) stasiun kerja dan 3 (tiga) operator. Sehingga beban kerja operator menjadi lebih merata.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 11 018
Call Number: STI/16/11/069
NIM/NIDN Creators: 41607010023
Uncontrolled Keywords: Standard time, idle time, Mork stations, the efficiency of line, the workload, and the methot of wei
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Sep 2011 11:06
Last Modified: 18 Apr 2024 07:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19739

Actions (login required)

View Item View Item