IMPLEMENTASI PROSES KERJA PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA PERSERO DALAM MENSOSIALISASIKAN KONVERSI MINYAK TANAH MENJADI GAS ELPIJI PERIODE 2008-2009 KHUSUS DAERAH JABODETABEK

TRIANTO, FIRMAN (2011) IMPLEMENTASI PROSES KERJA PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA PERSERO DALAM MENSOSIALISASIKAN KONVERSI MINYAK TANAH MENJADI GAS ELPIJI PERIODE 2008-2009 KHUSUS DAERAH JABODETABEK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dengan seiringnya zaman kebutuhan akan minyak bumi semakin menipis. PT.Pertamina mendapat kepercayaan untuk mensosialisasikan konversi minyak tanah kepada gas elpiji. Namun, implementasi di lapangan membuat PT. Pertamina terbelit banyak kasus. Kegiatan komunikasi Humas dalam Sosialisasi sangat di butuhkan, agar terciptanya situasi yang kondusif. Untuk menjawab permasalahan skripsi,dikemukakan beberapa konsep teori komunikasi Public Relations dan sosialisasi dimana teori tersebut menjadi pokok bahasan dalam materi skripsi yang dipaparkan dan menjadi landasan dalam melakukan penelitian itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan bersifat studi kasus dengan menggunakan teknik wawancara mendalaman dengan bantuan Guide interview untuk mendapatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang tertuang dalam masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan analisa data triangulasi dimana peneliti menggunakan berbagai teknik pengumpulan data dari berbagai sumber, baik berupa orang maupun waktu dan tempat yang berbeda. Implementasi program kerja Public relations merupakan langkah-langkah pokok sebagai landasan dan acuan untuk pelaksanaan program kerja PR. Empat langkah pokok itu ialah berupa, Research- Listening (penelitian dan mendengarkan), Planning-Decision (perencanaan dan pengambilan keputusan), Communication-Action (mengkordinasikan dan pelaksanaan), Evaluation (evaluasi). Tahap-tahap tersebut diimplementasikan pada program workshop dan iklan layanan masyarakat. Peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi Tahap Program Public Relations PT Pertamina Dalam Sosialisasi Konversi Minyak Tanah Menjadi Gas Elpiji, sampai saat ini sudah cukup berhasil. Berdasarkan hasil evaluasi dapat terlihat meskipun banyaknya pro dan kontra terhadap konversi minyak tanah menjadi gas elpiji yang disebabkan masih banyaknya kejadian yang tidak diinginkan. Hingga tahun 2010 sangat cukup memuaskan permintaan gas elpiji dikalangan masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 190
Call Number: SK/42/11/022
NIM/NIDN Creators: 44206010063
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Proses Kerja Public Relations, PT.Pertamina, Konversi Minyak Tanah, Gas Elpiji
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 13:17
Last Modified: 15 Sep 2025 01:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19662

Actions (login required)

View Item View Item