TRIANTO, FIRMAN (2011) IMPLEMENTASI PROSES KERJA PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA PERSERO DALAM MENSOSIALISASIKAN KONVERSI MINYAK TANAH MENJADI GAS ELPIJI PERIODE 2008-2009 KHUSUS DAERAH JABODETABEK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Dengan seiringnya zaman kebutuhan akan minyak bumi semakin menipis. PT.Pertamina mendapat kepercayaan untuk mensosialisasikan konversi minyak tanah kepada gas elpiji. Namun, implementasi di lapangan membuat PT. Pertamina terbelit banyak kasus. Kegiatan komunikasi Humas dalam Sosialisasi sangat di butuhkan, agar terciptanya situasi yang kondusif. Untuk menjawab permasalahan skripsi,dikemukakan beberapa konsep teori komunikasi Public Relations dan sosialisasi dimana teori tersebut menjadi pokok bahasan dalam materi skripsi yang dipaparkan dan menjadi landasan dalam melakukan penelitian itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan bersifat studi kasus dengan menggunakan teknik wawancara mendalaman dengan bantuan Guide interview untuk mendapatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang tertuang dalam masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan analisa data triangulasi dimana peneliti menggunakan berbagai teknik pengumpulan data dari berbagai sumber, baik berupa orang maupun waktu dan tempat yang berbeda. Implementasi program kerja Public relations merupakan langkah-langkah pokok sebagai landasan dan acuan untuk pelaksanaan program kerja PR. Empat langkah pokok itu ialah berupa, Research- Listening (penelitian dan mendengarkan), Planning-Decision (perencanaan dan pengambilan keputusan), Communication-Action (mengkordinasikan dan pelaksanaan), Evaluation (evaluasi). Tahap-tahap tersebut diimplementasikan pada program workshop dan iklan layanan masyarakat. Peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi Tahap Program Public Relations PT Pertamina Dalam Sosialisasi Konversi Minyak Tanah Menjadi Gas Elpiji, sampai saat ini sudah cukup berhasil. Berdasarkan hasil evaluasi dapat terlihat meskipun banyaknya pro dan kontra terhadap konversi minyak tanah menjadi gas elpiji yang disebabkan masih banyaknya kejadian yang tidak diinginkan. Hingga tahun 2010 sangat cukup memuaskan permintaan gas elpiji dikalangan masyarakat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 190 |
Call Number: | SK/42/11/022 |
NIM/NIDN Creators: | 44206010063 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Proses Kerja Public Relations, PT.Pertamina, Konversi Minyak Tanah, Gas Elpiji |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 13:17 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |