PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Kasus Loyalitas Pelanggan Pada RM Saung Bandung)

MOULINKA, MARIA (2011) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Kasus Loyalitas Pelanggan Pada RM Saung Bandung). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Penurunan jumlah pengunjung RM Saung Bandung dari bulan Agustus 2011 – oktober 2011 mengindikasikan adanya penurunan tingkat loyalitas pelanggan. Di satu sisi pihak pengelola sudah menerapkan strataegi Experiential Marketing untuk memberikan kesan atau feeling yang positif terhadap produk dan servis yang diberikan, sehingga perlu dikaji secara empiris sejauh mana faktor-faktor Experiential Marketing berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh faktor-faktor Experiential Marketing terhadap loyalitas pelanggan RM Saung Bandung. Subjek yang diteliti adalah pelanggan RM Saung Bandung sebanyak 350 orang. Hasil yang diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus slovin. Variabel yang dikaji adalah Experiential Marketing meliputi: panca indera (sense), perasaan (feel), cara berpikir (think), tindakan kebiasaan (act) dan hubungan (relate) sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas pelanggan. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhanan dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama faktor Experiential marketing yang terdiri dari panca indera, perasaan, cara berpikir, tindakan kebiasaan dan hubungan berpengaruh positif terhadap loyalitas. Disimpulkan semakin baik kesan atau pengalaman positif yang diterima pelanggan baik itu pengalaman dalam bentuk yang dapat diterima panca indera, pengalaman yang dapat menyentuh perasaan, pengalaman yang mendorong cara berpikir pelanggan, pengalaman yang menimbulkan tindakan kebiasaan serta pengalaman yang menumbuhkan munculnya hubungan akan menyebabkan semakin kuat loyalitas pelanggan RM Saung Bandung begitu juga sebaliknya. Disarankan pengelola RM Saung Bandung untuk tetap memberikan kesan atau suatu feeling yang positif untuk membentuk suatu pengalaman baik itu pengalaman dalam bentuk yang dapat diterima panca indera, pengalaman yang dapat menyentuh perasaan, pengalaman yang mendorong cara berpikir pelanggan, pengalaman yang menimbulkan tindakan kebiasaan serta pengalaman yang menumbuhkan munculnya hubungan akan menyebabkan semakin kuat loyalitas pelanggan RM Saung Bandung begitu juga sebaliknya

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 11 274
Call Number: SE/31/11/078
NIM/NIDN Creators: 43106120097
Uncontrolled Keywords: Hubungan akal menyebabkan semakin kuat Loyalitas pelanggan RM saung Bandung begitu juga sebaliknya.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Apr 2011 13:16
Last Modified: 14 Nov 2025 03:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item View Item