SARI, HOTMIDA PETRA (2011) EFEKTIVITAS KUALITAS PELAYANAN PETUGAS CUSSTOMER SERVICE "BUTIK ONLINE BARANG BARU" DI TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1 Hal Cover.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf Download (520kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi internet yang pesat, telah membawa pola baru konsumen dalam berbelanja. Konsumen telah mulai meninggalkan cara berbelanja konvensional, dan beralih ke cara belanja online dimana tidak terjadi kontak antara produsen dan konsumen secara langsung. Dari fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui sejauh mana efektivitas kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas customer service kepada pelanggan. Peneliti memilih butik online Barang Baru sebagai tempat penelitinan, karena butik ini sudah cukup lama memulai konsep bisnis online melalui website www.barangbaru.com. Customer atau pelanggan adalah salah satu publik eksternal Public Relations (PR) yang sifatnya luas dan heterogen. Dengan mengetahui bagaimana penilaian customer mengenai kualitas pelayanan yang diberikan secara online, akan sangat membantu tugas PR dalam menentukan strategi dan teknik komunikasi yang tepat dalam salah satu aktivitas PR yang berhubungan dengan customer, yaitu "Customer Relations". Metode dan tipe penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengam metode survei, dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner. Berdasarkan konsep dasar pengukuran kualitas pelayanan online, digunakan teori SERVQUAL online, yang menjelaskan bahwa ada 7 (tujuh) dimensi kualitas pelayanan online yaitu: efisiensi, reabilitas, fullfilment, privasi, daya tanggap, kompensasi, dan kontak. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 16, dan teknik analisis menggunakan skala Likert sebagai acuan. Hasil keseluruhan penelitian pada 7 (tujuh) dimensi kualitas pelayanan menggunakan teori SERVQUAL online kepada 100 (seratus) responden berada skor 9.198. Menujukkan bahwa responden menyatakan sikap "positif", dan termasuk pada kategori baik, terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas customer service butik online Barang Baru, yang artinya efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number: | SK/42/11/066 |
NIM/NIDN Creators: | 44207110042 |
Uncontrolled Keywords: | efektivitas pelayanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 11:44 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:33 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |