PENGEMBANGAN JETTY 2 x 5000DWT TARJUN-KALIMANTAN SELATAN

PARDAMEAN, DENI HISAR (2011) PENGEMBANGAN JETTY 2 x 5000DWT TARJUN-KALIMANTAN SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover lengkap.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak print.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab I - Pendahuluan print revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II - Studi Pustaka print.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III - Metode Perancangan print.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV - Perancangan Dermaga Print revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V print revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
pustaka lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

engan berkembangnya kehidupan sosial dan ekonomi penduduk suatu daerah atau negara maka kebutuhan akan sandang, pangan dan fasilitas hidup lainnya meningkat. Hasil produksi suatu daerah baik yang berupa hasil bumi maupun industri semakin banyak sehingga diperlukan pemindahan atau pemasaran barang ke daerah lain. Dengan demikian diperlukan sarana dan prasarana pengangkutan yang lebih memadai. Kapal mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar daripada sarana angkutan lainnya. Oleh karena itu diperlukan Dermaga sebagai tempat sandar kapal Pada tugas akhir ini akan dirancang dermaga yang menjorok ke laut yang dinamakan Jetty. Dermaga / Jetty digunakan sarana untuk sandar kapal minyak yang terdiri dari 2 Jenis Dolphin yaitu mooring dan berthing dolphin dimana mooring sebagai sarana tambat kapal sedangkan berthing dolphin sebagai tempat sandar kapal. Gaya dominan yang bekerja adalah gaya horisontal oleh karena itu penulis menggunakan program bantuan yaitu Etabs V 9.04. Analisa yang dilakukan yaitu dengan menghitung parameter tanah (Spring) sebagai gaya pegas pada tiang pancang. Hasil dari tumbukan kapal 5000 DWT didapat energi tumbukan kapal sebesar 20,62 ton m. Untuk menahan energi benturan kapal digunakan fender jenis AN 500 sepanjang 4,5 m sehingga gaya yang ditransfer pada berthing dolphin sebesar 91,15 ton dengan ukuran berthing (8,4 m x 3,6 m x 4,5 m) menggunakan 15 pile Dia 600 mm dengan ukuran pile cap. Sedangkan untuk mooring dolphin sebagai sarana kapal tambat direncanakan untuk menahan gaya tarik 50 ton dengan ukuran (3,6 m x 3,6 m x 1,5 m) 9 pile Dia 600 mm. Pelat lantai catwalk digunakan tebal 25 cm, menggunakan sistem balok tunggal 50 x 80 cm dengan bentang 6 m dari total panjang 17 m menggunakan 6 buah spunpile untuk 1 catwalk. Asumsi kedalaman tiang pancang sepanjang 32 m.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTPD/SIP. 11 040
Call Number: STSP/11/11/012
NIM/NIDN Creators: 41109110010
Uncontrolled Keywords: Pengebangan jetty, kapal 5000 DWT, Berthing, Mooring
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Apr 2011 11:21
Last Modified: 12 Dec 2025 03:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item