EKSPLORASI TEKNOLOGI GREENFOOT UNTUK MEMBUAT KONTEN MULTIMEDIA YANG INTERAKTIF STUDI: APLIKASI GAME PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR

MARTADIANSYAH, DENI (2011) EKSPLORASI TEKNOLOGI GREENFOOT UNTUK MEMBUAT KONTEN MULTIMEDIA YANG INTERAKTIF STUDI: APLIKASI GAME PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. hal cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (BAB II)
04. . BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07. . Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang interaktif adalah Adobe Flash. Padahal juga terdapat perangkat lunak yang memiliki kelebihan dan dapat mempermudah seorang pemrogram membuat sebuah aplikasi. Penulis ingin mencoba sebuah perangkat lunak yang dapat menjadi pilihan lain bagi seorang pemogram membuat sebuah aplikasi, yaitu Greenfoot. Dalam penelitian ini penulis memilih studi kasus pembuatan game pembelajaran matematika dasar. Selain untuk mengenalkan aplikasi yang baru, penulis juga ingin membuat sebuah aplikasi pembelajaran yang lebih inovatif dalam bentuk multimedia dan dapat berinteraksi secara visual dengan pemakainya. Aplikasi dirancang dan dibuat menggunakan model sekuensial linier dan pemrograman sepenuhnya dibuat menggunakan aplikasi Greenfoot dengan Java Development Kit versi 6.2. Perancangan aplikasi dilakukan menggunakan story board, diagram use-case dan state transition diagram. Sedangkan pengujian dilakukan dengan metode black-box testing. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi game pembelajaran matematika dasar sudah dapat berfungsi sesuai dengan tujuan penulisan tugas akhir ini. Aplikasi yang dihasilkan lebih inovatif dibanding aplikasi pembelajaran dengan soal dan jawaban dalam bentuk pilihan ganda, karena terdapat unsur multimedia dan interaksi mouse yaitu interaksi drag-anddrop. Kata kunci: Greenfoot, Java, Multimedia, Game, Pembelajaran Matematika Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 11 162
Call Number: SIK/15/11/067
NIM/NIDN Creators: 41507010091
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 May 2011 13:33
Last Modified: 02 Jul 2025 03:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19369

Actions (login required)

View Item View Item