ANALISA PENGENDALIAN MANAJEMEN PROYEK PENGEMBANGAN SOFTWARE VIDEO GAME DENGAN MODEL SCRUM PADA PT MATAHARI LEISURE (LAI GAMES)

PUTRANTO, AGUS DWI (2011) ANALISA PENGENDALIAN MANAJEMEN PROYEK PENGEMBANGAN SOFTWARE VIDEO GAME DENGAN MODEL SCRUM PADA PT MATAHARI LEISURE (LAI GAMES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB VI)
7. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Pada masa sekarang ini, manajemen proyek perangkat lunak (software) menjadi makin penting karena proyek membutuhkan rencana yang terorganisir untuk ditindaklanjuti. Ada 2 model yang terkenal untuk manajemen proyek software yaitu model Waterfall dan model pengembangan Agile. Konsep model Waterfall adalah bahwa analisa kebutuhan harus sudah dilakukan di tahap awal, sedangkan model pengembangan software Agile menekankan bahwa kebutuhan akan berubah selama proses pengembangan berlangsung. Untuk tetap menjaga tren persaingan pasar yang makin kompetitif, maka sudah saatnya untuk berbagai organisasi bergeser dari model traditional Waterfall ke teknologi yang lebih Agile yaitu SCRUM. Sering perubahan besar seperti ini tidak mudah untuk dilakukan. Alasan utamanya adalah bahwa kedua teknik rekayasa software ini memiliki perbedaan dalam banyak hal, sehingga suatu organisasi memerlukan banyak pertimbangan untuk analisa proses transisi dan juga skenario yang mungkin terjadi selama proses berlangsung. Organisasi dengan skala kecil dan menengah biasanya sangat skeptis terhadap perubahan yang sebesar ini. Skala perubahan tidak terbatas pada proses dari software saja, pada kenyataannya bagian yang paling sulit adalah menghadapi kebiasaan dan proses berpikir model lama dan membentuk mereka ke arah model baru yaitu Scrum yang berbasis pengembangan Agile. Namun, pengembangan software Agile ini tidaklah sesuai untuk setiap jenis proyek dan membutukan seorang manajer yang berpengalaman. Hasil dan analisa data akan menjelaskan tantangan apa saja yang dihadapi dan pedomanpedoman untuk melakukan transisi dari model Waterfall ke model Scrum.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 11 041
Call Number: STI/16/11/020
NIM/NIDN Creators: 41609110020
Uncontrolled Keywords: Manajemen Proyek, Scrum, Aglie, Manajemen proyek aglie, transisi dari waterfall ke scrum.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Apr 2011 10:03
Last Modified: 20 Apr 2024 03:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19311

Actions (login required)

View Item View Item