SIMULASI KONSERVASI ENERGI DENGAN PERANGKAT LUNAK LONG RANGE ENERGY ALTERNATIVES PLANNING SYSTEM (LEAP)

KURNIAWATI, LUSIANA (2011) SIMULASI KONSERVASI ENERGI DENGAN PERANGKAT LUNAK LONG RANGE ENERGY ALTERNATIVES PLANNING SYSTEM (LEAP). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Konservasi energi diartikan sebagai pemanfaatan energi yang efisien, efektif, dan rasional tanpa mengurangi energi yang benar-benar diperlukan, kenyamanan dan produkstifitas. Kemudian Inpres No. 10 tahun 2005 tentang penghematan energi dikeluarkan karena ancanaman krisis listrik yang terjadi dimana pasokan energi listrik yang tersedia sudah tidak mampu mengimbangi pertumbuhan permintaan konsumsi energi listrik nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai intensitas energi pada 5 perusahaan industri tekstil berdasarkan data permintaan energi dan kapasitas produksi, menentukan prakiraan permintaan total energi di indonesia pada sektor industri tekstil serta rata-rata persentase peningkatan energi per tahun, selain itu penelitian ini dapat dijadikan dasar rekomendasi penggunaan energi secara optimal guna memperoleh penghematan energi dan menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan penggunaan energi baik pada suatu pabrik/perusahaan maupun secara nasional. Pengolahan data untuk memprediksi tingkat permintaan konsumsi energi pada sektor industri tekstil menggunakan perangkat lunak LEAP (Long-range Energi Alternatives Planning Syatem). Permintaan dihitung berdasarkan besarnya aktivitas pemakaian energi dan besarnya pemakaian energi per aktivitas (intensitas energi). Tahun 2008 sebagai tahun dasar perhitungan.hasil yang diperoleh dari prediksi permintaan energi pada tahun 2008-2030 menunjukan prediksi total permintaan energi yang terus meningkat, yaitu dari 61.831 juta SBM pada tahun 2008 dan pada tahun 2030 permintaan energi mencapai 246.603 juta SBM dengan peningkatan rata-rata energi per tahun sebesar 6.5%. sedangkan rata-rata intensitas energi pada sektor industri sebesar 2.29 kWH/Kg. Bahan bakar yang paling besar digunakan di industri tekstil adalah penggunaan batubara (coal), yaitu sebesar 64.09% dan penggunaan energi listrik (electricity) sebesar 35.91%. Pasokan energi batubara masih mendominasi dibanding pasokan listrik yang digunakan oleh beberapa industri tekstil. Untuk itu, perlu dilakukan upaya konservasi energi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi di sisi permintaan (demand side policy) serta melakukan upaya diversifikasi untuk meningkatkan pangsa energi baru terbarukan dalam bauran energi nasional (Supply Side management).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 11 049
Call Number: STI/16/11/004
NIM/NIDN Creators: 41607010007
Uncontrolled Keywords: Konservasi energi, intensitas energi, LEAP.
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Apr 2011 10:12
Last Modified: 20 Apr 2024 07:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19308

Actions (login required)

View Item View Item