PURNANTO, PURNANTO (2011) AKTIVITAS PERBAIKAN DALAM MERESPON CLAIM HOSE LEPAS PADA HOSE RADIATOR NO.1 PT.XYZ. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
HALAMAN COVER.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
||
Text (BAB VI)
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Kualitas merupakan bagian terpenting dalam suatu perusahaan yang menjadi modal utama part yang dibuat dapat diterima oleh customer. Salah satu indikator pelayanan kualitas yang diberikan oleh supplier kepada customer adalah dengan memenuhi spesifikasi yang diinginkan oleh customer. Semakin kecil nilai claim yang didapatkan dari laporan claim customer maka perusahaan tersebut akan semakin baik citra kualitas produknya. Usaha untuk meningkatkan kualitas, salah satunya adalah dengan metode “ Total Quality Manajement”yaitu mendeteksi sedini mungkin penyebab terjadinya part NG lolos ke customer dan terbuat di line produksi. Salah satu problem claim terbesar di PT. XYZ adalah hose lepas pada item FHO-124.0 saat proses test engine di line customer. Hal yang dilakukan adalah mencari penyebab utama terjanya part NG Hardness rendah terkirim ke customer dan part NG terbuat di line produksi. Untuk selanjutnya dilakukan perbaikan dan mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah ada. Untuk menjaga agar perbaikan dapat terus berlangsung, maka dilakukan standarisasi proses kerja. Adapun tools yang digunakan salah satunya adalah dengan analisa 4M dan 1E, Analisa Uji MSA dan Potensial Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Parameter untuk mengukur suatu keberhasilan yang dilakukan untuk mengatasi masalah hardness rendah pada item FHO-124.0 dapat dilihat dari faktor kualitas yaitu penurunan claim customer dari 1 kali kejadian dengan jumlah 741 pcs menjadi tidak ada claim pada bulan maret 2010. Disamping itu, hasil perbaikan pada proses produksi dapat dilihat dengan tidak ada ditemukan claim internal dan hasil laporan reject bulanan QA. Hasil perbaikan juga dapat dilihat dari nilai gage R&R untuk hasil Uji MSA setelah dilakukan sosialisasi cara mengukur hardness menggunakan Hs tester untuk line checking adalah menurun dari sebelum terjadi claim yaitu 81,80 % menjadi 8,3 % sehingga terjadi penurunan 89,8%. Nilai gage R&R sesuai dengan standar dibawah 10 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND. 11 070 |
Call Number: | STI/16/11/030 |
NIM/NIDN Creators: | 41608120037 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Hardness, MSA,PFMEA,claim |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 15 Apr 2011 10:45 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 02:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19303 |
Actions (login required)
View Item |