HAFIDZ, MUHAMMAD (2011) TERMINAL BUS DAN STASIUN KERETA API TERPADU PASAR SENEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III TINJAUAN KHUSUS.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV PERMASALAH.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V ANALISA PERENCANAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI KONSEP PERENCANAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka ok.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
Abstract
Stasiun kereta api dan terminal bus merupakan salah satu fasilitas yang di sediakan kota dalam memberikan konstribusi sebagai sarana moda angkutan darat untuk masyarakat di daerah perkotaan. Oleh karena itu kecepatan, kemudahan dan kelancaran sangatlah penting. Keberadaan sarana dan prasarana transportasi khususnya stasiun kereta api dan terminal bus yang sudah ada, dinilai tidak layak dan tidak memenuhi tujuan tersebut, sehingga di butuhkan adanya perbaikan dan pengembangan baru dalam sarana dan prasarana tersebut. selain itu lokasi pasar senen sebagai centra perekonomian dan pemerintahan, pasar senen merupakan jalur distribusi trnsportasi kota. Kegiatan dan fungsi terminal dan stasiun tersebut merupakan pelayanan besar, dari berbagai desain terminal angkutan terpadu banyaknya pemasalahan yang harus diselesaikan didalam terminal angkutan. Namun penekanan pemecahan masalah yang paling diutamakan adalah prinsip penataan dan ukuran fasilitas. Pada prinsip penataan fasilitas terdapat dua masalah yang penting yang harus diselesaikan yaitu pendesainan sirkulasi lalulintas dan ruang aktifitas penumpang. Untuk mewadahi dan mendasari prinsip desain, dapat diketahui penggunaan fenomena peenentuan arah way finding sebagai pendekatan untuk terminal dan stasiun angkutan dapat digunakan, hal ini karena way finding dapat mewadahi beberapa masalah dalam terminal angkutan umum. Dasar pemikiran munculnya way finding adalah upaya untuk membuat suatu desain bangunan public dan pemasalahan yang harus diselesaikan didalam terminal angkutan. Namun penekanan pemecahan masalah yang paling diutamakan adalah prinsip sirkulasi stasiun dan terminal sebagai bangunan publik, masalah yang penting yang harus diselesaikan yaitu pendesainan sirkulasi lalulintas dan ruang aktifitas penumpang. Melihat berbagai macam proyek tersebut diatas, bahwa bentuk pendekatan penyelesaian system sirkulasi sebagai penentu way finding adalah pengolahan bangunan karena merupakan sarana yang terbuka untuk kepentingan umum dan sarana publik Berdasarkan pembahasan lokasi, kawasan stasiun senen sangat erat kaitannya dengan terminal senen dan pusat perbelanjaan senen sehingga perlu adanya suatu penghubung yang saling keterkaitan antara fungsi bangunan satu dengan yang lainnya, hal tersebut dapat memenuhi prinsip sirkulasi lalu lintas dalam kemudahan pencapaian
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTPD/ARS. 11 004 |
Call Number: | STSP/12/11/007 |
NIM/NIDN Creators: | 0120311-016 |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 11:53 |
Last Modified: | 27 May 2025 04:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |