ANDRIANTO, FERI (2011) PENGARUH CAMPURAN ASPAL PENETRASI MACADAM TIPE POROUS DENGAN CAMPURAN PARUTAN KARET BAN DITINJAU TERHADAP KINERJA MARSHALL DAN PERENDAMAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
|
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
|
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
|
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
|
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
Abstract
Dengan terjadinya peningkatan kebutuhan terhadap pelayanan transportasi dan volume lalu lintas maka timbul masalah dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut salah satunya adalah curah hujan yang cukup tinggi. Sehubungan dengan kondisi tersebut maka pemerintah dibantu pihak terkait mulai merencanakan dan melaksanakan pembangunan jalan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar kerusakan-kerusakan yang mengganggu kenyamanan dan keamanan pada saat berkendara dapat dihilangkan. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bahan tambah parutan karet ban dalam campuran aspal lapis penetrasi macadam tipe porous, agar lebih baik dalam segi durabilitasnya.Sebelum melakukan pemeriksaan dan pengujian di Laboratorium dilakukan persiapan penyediaan bahan atau material. Agregat yang digunakan adalah agregat yang memenuhi gradasi standar dari Bina Marga. Bahan pengikat yang digunakan adalah aspal keras penetrasi 60/70. Bahan tambah yang digunakan adalah parutan karet ban, yang fungsinya sebagai bahan tambah. Beberapa karakteristik campuran yang dapat diperoleh dari hasil pengujian dengan alat marshall antara lain stabilitas (Stability), kelelehan (Flow), kekakuan (Marshall Quotient), rongga dalam campuran (Void In Mix), dan rongga dalam agregat (Void In Mineral Agregat). Dalam hal tugas akhir ini diharapkan bisa menyatakan campuran dengan bahan tambah parutan karet ban yang lebih baik dari aspek Durabilitasnya (Durability). Dari hasil laboratorium didapat nilai KAO adalah 3,95%, selanjutnya kadar tersebut digunakan untuk perendaman 30 menit, 24 jam, 3 hari, 7 hari. Untuk nilai kadar parutan karet ban optimum pada perendaman 30 menit adalah 1% namun penggunaan bahan tambah dengan kadar 0,5% memiliki hasil yang lebih baik dilihat dari Indeks Kekuatan Sisa
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FTPD/SIP. 11 012 |
| Call Number: | STSP/11/11/019 |
| NIM/NIDN Creators: | 4110401-010 |
| Uncontrolled Keywords: | VIM, VMA, Stabilitas, Flow, Marshall Quotient, Durabilitas, Macadam Porous. |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 21 Apr 2011 11:34 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:28 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
