AGUSTIN, NIKE DEWI (2011) RANCANG BANGUN APLIKASI MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SD STUDI KASUS : SDN KAMPUNG BAMBU III DASANA-INDAH, KELAPA DUA-TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
Abstract
Mata pelajaran matematika diberikan kepada semua siswa Sekolah Dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mampu bekerja sama. Penulis bertujuan untuk memberikan alternatif metode pembelajaran dalam proses belajar-mengajar pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas 3 SD. Diharapkan dengan adanya modul pembelajaran matematika ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan metode pengembangan multimedia luther dengan beberapa aktifitas-aktifitas di dalamnya yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dari hasil kuesioner yang penulis ajukan kepada 43 siswa kelas 3 SD sebelum dan sesudah pembuatan aplikasi tentang minat siswa terhadap aplikasi ini, nilai persentase pertama yaitu 73.04%, dan nilai persentase kedua yaitu 78.13%. Terjadi peningkatan nilai persentase pada kuesioner kedua sebesar 5.09%. Aplikasi ini mengacu pada kurikulum tahun 2006, jadi pembuatannya lebih terstruktur. Pada plikasi ini terdapat soal-soal yang akan diacak secara random agar anak tidak dapat menghapal kunci jawaban. Aplikasi ini juga mempunyai animasi-animasi yang menarik, yang dapat meningkatkan minat dan antusias anak pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci : Matematika, Kelas 3 SD, Modul Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FIK/INFO. 11 107 |
Call Number: | SIK/15/11/020 |
NIM/NIDN Creators: | 41507010104 |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Kelas 3 SD, Modul Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 14:40 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 07:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |