RANCANG BANGUN APLIKASI MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS 4 SD

SUSWANTI, ENDAH (2011) RANCANG BANGUN APLIKASI MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS 4 SD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dimengerti dan dipahami oleh sebagian para siswa. Semakin berkembangnya teknologi, membuat metode belajar harus lebih berkembang agar menciptakan generasi yang semakin cerdas. Oleh karena itu, minat terhadap pelajaran matematika harus ditumbuhkan pada usia dini yaitu siswa Sekolah Dasar. Belajar juga tidak hanya di sekolah tetapi bisa juga dilakukan di rumah dengan bantuan media pembelajaran sebagai alat bantu belajar. Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode pengembangan multimedia menurut Luther, yaitu konsep, perancangan, pengumbulan bahan, permbuatan, pengujian, dan distribusi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi di SDN Kampung Bambu III Kelapa Dua Tangerang dengan membagikan kuisioner dan wawancara langsung dengan Ibu Rahmawati, S.Pd. Dan berdasarkan pengujian kuisioner tersebut, tingkat peminatan siswa dalam mata pelajaran matematika berada pada angka 77,74% dari 40 siswa kelas 4. Hal ini disebabkan oleh penghafalan rumus dan logika yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan minat belajar agar matematika lebih mudah dimengerti. Hasil terakhir diperoleh, bahwa terjadi peningkatan pada minat siswa terhadap pelajaran matematika yang berada pada angka 80.94%. Kata kunci: Matematika, Pengembangan Multimedia, Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 11 131
Call Number: SIK/15/11/007
NIM/NIDN Creators: 41507010099
Uncontrolled Keywords: Math, Multimedia Development, Learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 14:19
Last Modified: 04 Jul 2025 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18970

Actions (login required)

View Item View Item