NUGROHO, AJI (2011) PENGARUH PERBEDAAN DIAMETER PULLI MOTOR LISTRIK TERHADAP PUTARAN POROS KOMPRESOR PADA SISTEM PENDINGIN MOBIL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. cover.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
Abstract
Saat ini sebagian besar kendaraan, terutama mobil banyak sekali yang sudah menggunakan mesin pendingin atau biasa disebut dengan AC sebagai fasilitas kenyamanan saat berkendara. Dalam pengujian ini motor listik digunakan sebagai energi penggeraknya. Masalahnya yaitu apabila pulli motor listrik menggunakan diameter yang lebih besar, dimaksudkan apakah akan mempengaruhi putaran poros kompresor dan efek refrigerasi itu sendiri. Proses pengujian dilakukan dengan mencari kecepatan poros kompresor, daya poros kompresor, dan efek refrigrasi. Di dalam pengujian ini menggunakan diameter yang berbedabeda, dengan tujuan agar mengetahui hasil yang di dapat selama proses pengujian sehingga dapat mengetahui kinerja mesin tersebut. Dari hasil pengujian didapat perbandingan dengan penggunaan diameter yang berbeda, dengan menggunakan diameter 103 mm di dapat hasil daya poros kompresor 190,16 W dan kecepatan poros kompresor dengan hasil 22991,8 rpm, kemudian efek refrigasi di peroleh hasil 79806,48 Btu/lb. Dan dengan menggunakan diameter 62mm di dapat hasil daya poros kompresor sebesar 6,71 KW, kemudian kecepatan poros kompresor di dapat 13839,3 rpm dan efek refrigasi 28160,52 Btu/lb.Jadi, dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa Semakin besar diameter pulli yang dipakai, maka semakin bertambah kecepatan poros dan daya poros pada kompresor yang sangat mempengaruhi dari efek refrigerasi.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FT/MSN. 11 004 |
| Call Number: | STI/13/11/046 |
| NIM/NIDN Creators: | 41305010006 |
| Uncontrolled Keywords: | Diameter Pulli Motor Lstrik, Poros Kompresor, Pendingin Mobil |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 28 Oct 2011 16:31 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:21 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
