SIREGAR, MUHAMMAD HASUDUNGAN EKO MULYO (2012) ANALISA IMPLEMENTASI METODE HIGH PERFORMANCE TUNING PADA MESIN SEPEDA MOTOR TIPE YAMAHA 5TP 4-TAK 180 CC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.Halaman Cover.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3.BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
|
Text (BAB II)
4.BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB III)
5.BAB III DATA MESIN DAN METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB IV)
6.BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
|
Text (BAB VI)
8.BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
9.Halaman Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
Abstract
Proses modifikasi untuk meningkatkan performa mesin, diantaranya peningkatan daya, torsi dan power band pada mesin motor bakar 4-tak untuk keperluan harian maupun kompetisi. Proses modifikasi yang dimaksud adalah dengan metode High Performance Tuning. Metode ini berkaitan dengan peningkatan efesiensi volumetrik, efisiensi siklus, efektifitas proses ekspansi, peningkatan rentang RPM yang lebih maksimal, penerapan camshaft yang lebih agresif, system exhaust yang mendukung peningkatan performa, sistem suplai campuran bahan bakar ideal. Selanjutnya beberapa aspek diatas serta beberapa komponen dan sistem yang berkaitan dengan metode ini harus saling mendukung pada level yang sama agar menciptakan kinerja seluruh sistem yang selaras. Dimana penentuan level keselarasan seluruh system itu ditentukan oleh karakter performa mesin yang dibutuhkan atau diinginkan, setelah lebih dahulu menyadari kompromisasi dari setingan power band pada rentang RPM tertentu. Langkah-langkah pada metode yang dimaksud akan diterapkan semaksimal mungkin pada sebuah mesin sepeda motor tipe Yamaha 5TP yang diberikan peningkatan volume selinder menjadi 180 cc (Bore Up), yang akan digunakan pada kompetisi DragBike. Lalu mesin tersebut akan diuji Dynotest agar dapat diketahui besar peningkatan performa yang meliputi daya, torsi, rentang RPM maksimum, puncak daya dan torsi maksimum pada RPM tertentu dan menganalisa konsumsi bahan bakarnya. Disain sistem aliran fluida, baik itu sistem aliran campuran udara dan bahan bakar ataupun sistem aliran gas sisa/buang secara nyata menentukan karakter performa suatu mesin motor bakar 4-langkah. Hal ini dapat diperhitungkan dengan rumus : Rpm = *) Keterangan mengenai rumus diatas dijabarkan pada subsubbab 2.2.3.Kecepatan Gas Masuk (Inlet Gas Speed)halaman 48. Dengan penerapan metode High Performance Tuning yang bermaksud untuk memindahkan powerband mesin ke tingkat RPM mesin yang lebih tinggi agar memberikan output power yang maksimal, terbukti bahwa dengan uji coba yang dilakuan oleh penulis pada mesin sepeda motor Yamah Jupiter Z tipe mesin 5TP pada awalnya powerband berada pada 5000-8000 rpm, meningkat menjadi 9000-12500 rpm.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FT/MSN. 12 046 |
| Call Number: | STI/13/12/046 |
| NIM/NIDN Creators: | 41306110057 |
| Uncontrolled Keywords: | Metode High Performance Tuniing, Mesin Sepeda Motor Tipe Yamaha 4-Tak 180 cc |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 26 Sep 2012 12:41 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:02 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
