DARYONO, DARYONO (2012) BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT SEBAGAI DASAR PERBAIKAN PROSES PENERBITAN DOKUMEN WORK COMPLETION CERTIFICATE (WCC) DENGAN MENGGUNAKAN METODE STREAMLINING DI PT XYZ. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
Hal Cover.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (53kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB V ANALISA PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
8. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
9. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
Abstract
PT. XYZ adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang telekomunikasi yang diberikan kepercayaan oleh salah satu perusahaan provider telekomunikasi besar yaitu salah satunya Indosat sebagai customer, dimana dalam pembangunan infrastruktur tersebut PT XYZ menggandeng partner-partner (subkontraktor) untuk bersama-sama mewujudkan proyek yang diberikan oleh customer. Kepercayaan yang diberikan Provider mencakup beberapa daerah operasional proyek, antara lain : Jabotabek, Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara. Sertifikasi terhadap hasil pekerjaan atau performance merupakan hal yang penting sebagai indikator kesuksesan partner/subcont dalam hal penyelesaian pekerjaannya. Sertifikasi ini yang biasa disebut dengan Work Completion Certificate (WCC) adalah suatu dokumen yang menyatakan bahwa order yang yang diberikan oleh perusahaan dalam hal ini adalah PT XYZ sudah diselesaikan sesuai dengan standarisasi yang sudah ditetapkan dalam kontrak bisnis antar keduanya. Business Process Improvement atau BPI, sebagai salah satu metode dalam menjalankan Continuous Improvement, dapat memberikan suatu sistem yang akan membantu dalam proses penyederhanaan (streamlining) proses-proses bisnis, dengan memberi jaminan bahwa pelanggan internal dan eksternal dari organisasi akan mendapatkan output yang lebih baik dari sebelumnya. Masalah yang terjadi adalah lamanya proses penerbitan dokumen WCC selama 14 hari sehingga efeknya adalah backlog quantity Purchase Order (PO) yang mencapai 11% dan terjadi variant budget sebesar 7% dari hasil analisa dan pengolahan data produktivitas PO yang sudah diterbitkan selama kurun waktu 11 bulan (Januari – November). Targetnya adalah penurunan quantity dan value yang menjadi backlog atau selisih tersebut. Dari analisa diagram Fish Bone, terdapat tiga penyebab utama lamanya waktu proses tersebut yaitu faktor prosedur dengan adanya duplikasi birokrasi dan aktivitas. Faktor yang kedua adalah orang atau pelaku aktivitas, yaitu terdapat kesalahan input data dan dokumen dan factor yang ketiga adalah fasilitas jaringan server yang terbatas sehingga menggangu kelancaran proses. Dengan analisa Streamlining sebagai upaya perbaikan proses yaitu dengan simplifikasi proses dan pengurangan waktu perputaran proses penerbitan dokumen WCC yang sebelumnya 14 hari menjadi 7 hari. Eliminasi birokrasi dan aktivitas juga dilakukan. Realisasi terhadap upaya perbaikan tersebut adalah terjadi penurunan backlog quantity PO dan penurunan selisih budget pada dua bulan setelah perbaikan. Jadi upaya perbaikan ini efektif dan efesien diterapkan dan diharapkan dapat memperlancar proses bisnis seterusnya (continous improvement) agar dapat diketahui potensi-potensi masalah pada tiap-tiap proses.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND. 12 047 |
Call Number: | STI/16/12/047 |
NIM/NIDN Creators: | 41608120080 |
Uncontrolled Keywords: | Work completion certificate (WCC), business process inprovement (BPI), Continuos improvement, purcha |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 10:38 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:12 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |