MOTIVASI DALAM MENONTON TAYANGAN SENTILAN SENTILUN DI METRO TV (STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA/I PKK FIKOM UNIVERSITAS MERCUBUANA YANG AKTIF ANGKATAN 16)

JUHAENI, HENI (2013) MOTIVASI DALAM MENONTON TAYANGAN SENTILAN SENTILUN DI METRO TV (STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA/I PKK FIKOM UNIVERSITAS MERCUBUANA YANG AKTIF ANGKATAN 16). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.Cover.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Abstraksi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3.Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (BAB II)
4.Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB III)
5.Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB IV)
6.Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB V)
7.Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8.Daftar Pustaka + Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Media televisi juga salah satu alat komunikasi yang paling ampuh untuk menyampaikan pesan untuk khalayak luas. Selain program berita, saat ini banyak bermunculan program acara talk show yang secara eksklusif membahas suatu fenomena atau topik berita, yaitu program Sentilan Sentilun di MetroTV, merupakan sebuah program talkshow yang dikemas secara interaktif dan apik, dalam perbincangan kedua tokoh ini merupakan sketsa-sketsa pendek yang ingin di sampaikan kepada pemirsa untuk mengkritik dengan kata “menyentil” fenomena yang terjadi di masyarakat. Motivasi adalah kemampuan kita untuk memotivasi diri kita tanpa memerlukan bantuan orang lain. Kita memiliki kemampuan untuk melakukan alasan atau dorongan untuk bertindak. Begitupun dalam memilih program-program acara yang akan ditonton. Didalam motivasi terdapat empat dimensi yang akan diteliti yaitu, informasi, identitas pribadi, interaksi sosial, dan hiburan. Untuk itu peneliti ingin mengetahui motivasi yang mendorong mahasiswa mercu buana menonton tayangan sentilan sentilun di MetroTv. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification, yaitu sebuah teori yang berfokus pada penekanan pada khalayak yang aktif menggunakan media. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, peneliti menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuisioner kepada 84 responden yang menonton tayangan sentilan sentilun. Sampel diambil dengan teknik purpose sampling. Hasil dari peneltian ini, menunjukkan bahwa responden mempunyai beragam motivasi dalam menonton acara Sentilan Sentilun, namun lebih banyak responden menonton acara Sentilan Sentilun karena didasari atas motivasi identitas pribadi dengan jumlah mean score 3,78. Dapat dikatakan bahwa motivasi mahasiswa Universitas Mercu Buana tinggi terhadap tayangan Sentilan Sentilun.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 13 398
Call Number: SK/41/13/312
NIM/NIDN Creators: 44108120011
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Menonton, Tayangan, Sentilan Sentilun, Metro TV
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Dec 2013 12:14
Last Modified: 04 Jun 2025 02:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17427

Actions (login required)

View Item View Item