OPTIMALISASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS PADA CUSTOMER RELATIONS PT ADVANCE TIRTA KOMPUTER DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN

SUTINAH, SUTINAH (2013) OPTIMALISASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS PADA CUSTOMER RELATIONS PT ADVANCE TIRTA KOMPUTER DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER FIX.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Dalam membina hubungan yang baik dan harmonis antara organisasi dengan publik, berkaitan erat dengan peranan public relations (PR). PT Advance Tirta Komputer (ATIKOM) menyadari pentingnya peran PR untuk menjaga hubungan harmonis dengan publik-nya dan meningkatkan citra positif perusahaan, dimana fungsi PR di implementasikan melalui customer relations dibawah divisi marketing communications. Penelitian ini dilakukan pada PT ATIKOM karena perkembangan yang drastis sejak tahun 2000 sampai dengan tahun 2012 dari segi peningkatan jumlah dealer. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui optimalisasi fungsi public relations pada customer relations terkait dengan membina hubungan baik dengan pelanggan dengan menggunakan landasan teori fungsi-fungsi PR yang dikemukakan oleh Cutlip, Centre dan Candflield dan teori landasan customer relations yang baik yang dikemukakan oleh Frazier Moore. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada nara sumber dan observasi pada kantor operasional ATIKOM. Hasil penelitian membahas fungsi PR yang telah dijalankan ATIKOM, namun terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu kendala kurangnya sumber daya manusia sehingga fungsi PR belum berjalan maksimal, disarankan untuk menambah personil dalam menjalankan fungsi PR. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa fungsi PR yang dijalankan paling konsisten adalah fungsi Public Relations dalam membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya melalui implementasi Customer Relations melalui dealer Gathering, exhibition, roadshow dan launching. Kegiatan yang difokuskan kepada publik eksternal, untuk membina hubungan baik dan meningkatkan kepercayaan publik atau masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 13 081
Call Number: SK/42/13/081
NIM/NIDN Creators: 44208110114
Uncontrolled Keywords: OPTIMALISASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS PADA CUSTOMER RELATIONS PT ADVANCE TIRTA KOMPUTER DALAM MEMBINA
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Apr 2013 13:59
Last Modified: 26 Jun 2025 01:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/16008

Actions (login required)

View Item View Item