PERAN HUMAS BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) DALAM MENSOSIALISASIKAN BAHAYA NARKOTIKA PADA LEMBAGA-LEMBAGA MEDIA MASSA

SUWANDANA, ANDIKA BAGJA (2013) PERAN HUMAS BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) DALAM MENSOSIALISASIKAN BAHAYA NARKOTIKA PADA LEMBAGA-LEMBAGA MEDIA MASSA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HAL COVER .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi .pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BNN (Badan Narkotika Nasional) sebagai instansi yang menangani permasalahan narkotika berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia. Dalam melakukan sosialisasinya bekerja sama dengan lembaga-lembaga media massa demi tercapainya visi dan misi BNN mewujudkan Indonesia bebas dari narkoba. Salah satu fungsi Humas BNN adalah bertugas mengelola dan menyampaikan pemberitaan atau informasi serta kerjasama atau kemitraan dengan lembaga-lembaga media massa dalam rangka pembentukan opini masyarakat yang positif bagi pelaksanaan tugas BNN. Konsep mengacu pada teori Peran Humas yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glenn M. Broom yang terdiri dari: Teknisi Komunikasi, Penentu Ahli, Fasilitator Pemecah Masalah, Fasilitator Komunikasi. Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif karena hanya membahas mengungkapkan suatu masalah, keadaan, atau suatu peristiwa sebagaimana adanya bersifat hanya mengungkapkan suatu fakta serta gambaran secara objektif mengenai keadaan sebenarnya dari objek yang diteliti. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam (Indepth Interview) sebagai teknik pengumpulan data primer. Sebagai teknik pengumpulan data sekunder, peneliti melakukan studi kepustakaan dan penelusuran data. Hasil penelitian dari wawancara yang dilakukan berdasarkan data primer dan data sekunder dapat disimpulkan bahwa Peran Humas BNN Dalam Mensosialisasikan “Bahaya Narkotika” Pada Lembaga-lembaga Media Massa. Di implementasikan pada 4 konsep yaitu Teknisi Komunikasi, Penentu Ahli, Fasilitator Pemecah Masalah, Fasilitator Komunikasi. Maka program sosialisasi yang dilakukan oleh BNN dikategorikan efektif. Peran humas BNN dalam mensosialisasikan dan memberikan informasi kepada lembaga-lembaga media massa sudah sesuai dengan yang diharapkan. Dan sudah memenuhi syarat sebagai media komunikasi yang efektif melalui program kegiatan sosialisasi. Program sosialisasi tersebut telah disesuaikan dengan kebijakan dan ketentuan yang telah ditentukan oleh BNN.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 13 066
Call Number: SK/42/13/066
NIM/NIDN Creators: 44208010094
Uncontrolled Keywords: PERAN HUMAS BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) DALAM MENSOSIALISASIKAN BAHAYA NARKOTIKA PADA LEMBAGA-LEMBAGA MEDIA MASSA
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Mar 2013 11:29
Last Modified: 26 Jun 2025 01:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item View Item