Nilai-Nilai Edutaiment Sebagai Media Pembelajaran

BillyTriantoro, (2013) Nilai-Nilai Edutaiment Sebagai Media Pembelajaran. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh televisi terhadap sistem komunikasi tidak pernah lepas dari pengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Menurut Prof. Dr. R. Mar'at, acara televis pada umumnya mempengaruhi sikap, pandangan, persepsi, dan perasaan bagi par penontonnya. Hal ini disebabkan oleh pengaruh psikologis dari televisi itu sendiri, diman televisi seakan-akan menghipnotis pemirsa, sehingga mereka telah hanyut dalam keterlibatan akan kisah atau peristiwa yang disajikan oleh televisi. Salah satu format acara di televisi yang menjadi andalan adalah program kuis. Salah satu program kus di Trans TV yang menjad andalan ialah Ranking 1. Menilik dari salah satu fungsi media massa yaitu to educate ata untuk mendidik maka penulis berusaha mengemukakan nilai-nilai pendidikan atau pedagogi yang terkandung dalam program acara kuis Ranking 1 di Trans TV. BURANA Teori yang mendukung penelitian ini ialah beberapa teori pedagogis seperti behavioristik konstruktivistik, kognitivistik dan humanistik. Lalu dihubungkan dengan paradigm konstruktivis dengan beberapa kajian mengenai televisi sebagai media massa, definisi kui dan televisi sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian yang didapatkan ialah program Ranking 1 merupakan suatu program yang beredukasi dimana nilai-nilai pendidikan yang disampaikan tidak secara menggurui tetap dengan cara yang fun dan menyenangkan. Selain itu Ranking 1 telah menjadi salah sat media pembelajaran yang ada di Indonesia ini dimana dari awal hingga saat ini telal beberapa kali berganti format demi memenuhi keinginan penonton di rumah.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: TK/52/15/065
NIM/NIDN Creators: 55210120094
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 May 2015 15:07
Last Modified: 29 Oct 2025 02:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/15276

Actions (login required)

View Item View Item