Konstruksi Perempuan (pada iklan kondom sutra versi bilyard analisis semiotika pierce)

Nugroho, Ridho (2013) Konstruksi Perempuan (pada iklan kondom sutra versi bilyard analisis semiotika pierce). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV (2))
BAB IV(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)

Abstract

Perempuan berparas cantik, memiliki lekuk tubuh indah, berpakaian minim seksi dengan gestur dan mimik muka menggoda marak digunakan sebagai alat menciptakan citra produk tertentu. Salah satu contohnya adalah iklan kondom Sutra versi bilyard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tanda dan makna perempuan dalam iklan kondom Sutra versi bilyard, serta mengetahui konstruksi perempuan dalam iklan kondom tersebut. Dan sebagai landasan dari penelitian ini, digunakan analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. yaitu teori segitiga makna atau triangle meaning yang terdiri dari tiga elemen utama yaitu sign, object dan interpretant, dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengembangan indikatornya, digunakan teori konstruksi realitas sosial Peter L. Berge dan Thomas Luckmann. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis. Yakni, paradigma yang disebut sebagai paradigma produksi dan pertukaran makna, paradigma ini memandang realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang Hasil dari penelitian ini memang terjadi konstruksi perempuan dalam iklan natural, tetapi hasil dari konstruksi. ERSITAS kondom Sutra versi bilyard yang terlihat melalui tanda-tanda seperti dalam hal pakaian, tata rias wajah, tatanan rambut, gestur, mimik muka, warna-warna yang muncul dalam iklan tersebut, perhiasan yang dikenakan, bentuk rambut dan ekspos organ payudara. Dari keseluruhan tanda-tanda tersebut mengandung makna yang masing-masing berujung kepada penggiringan persepsi masyarakat terhadap sebuah konstruksi perempuan baru yaitu perempuan priasentris, metropolis dan kapitalis yang lekat dengan tujuan brand dan konsep produk kondom Sutra tersebut. Dengan penjabaran berikut, yaitu perempuan dikonstruksikan sebagai objek sensual yang gemar memperlihatkan bagian tubuh yang dirasa seksi, menggoda dan terkesan erotis. Yang kedua, perempuan juga dikonstruksikan sebagai produk kapitalis dari kota metropolitan melalui gaya hidup seperti fashion, dan tempat bersenang-senang. Yang ketiga, perempuan dikonstruksikan sebagai produk manusia modern, tidak terikat dengan aturan, norma dan budaya dan mudah mengekspresikan diri, termasuk perihal seks dengan lawan jenis. Yang keempat, perempuan dikonstruksikan sebagai makhluk yang agresif, berani, ekstrovert, dan independen. Perempuan juga dikonstruksikan sebagai makhluk yang ekspresif.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: TK/52/14/188
NIM/NIDN Creators: 55209120029
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Perempuan (pada iklan kondom sutra versi bilyard analisis semiotika pierce)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:03
Last Modified: 28 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item View Item