ANALISA AFTER MARKET PROBLEM PINTU BELAKANG (BACKDOOR) SUSAH DI TUTUP PADA MOBIL TIPE SPORT UTILITY VEHICLE (SUV) DI PT X

ROSADHI, WIWIED (2015) ANALISA AFTER MARKET PROBLEM PINTU BELAKANG (BACKDOOR) SUSAH DI TUTUP PADA MOBIL TIPE SPORT UTILITY VEHICLE (SUV) DI PT X. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Problem pintu belakang atau backdoor susah ditutup pada mobil tipe sport utility vehicle (suv) merupakan after market problem yang paling banyak dikeluhkan oleh pelanggan pada periode Desember 2014 - Februari 2015. Parameter utama problem pintu belakang susah ditutup adalah nilai backdoor closing speed yang melebihi standard yang diijinkan yaitu maksimal sebesar 1.40 m/s. Selain itu ada parameter lain sebagai pendukung yaitu sealface dan body fitting (clearance dan levelness). Selanjutnya dilakukan beberapa tahapan analisa antara lain pengecekan pada produksi sekarang, perbandingan dengan model brand lain, percobaan dengan menggerinda, konfirmasi metode pengecekan di final inspeksi serta konfirmasi kondisi jig dan fixture di proses pengelasan. Setelah didapatkan data tersebut selanjutnya dilakukan analisa dengan menggunakan diagram fishbone atau tulang ikan dengan kategori 4M yaitu manusia, metode, material dan mesin untuk mencari akar permasalahan atau root cause problem tersebut dan didapatkan hasil bahwa problem ini terjadi karena faktor material atau bahan yang digunakan dalam pembuatan mobil dengan ditemukannya ukuran atau akurasi flange yaitu tempat dudukan weatherstrip mengalami overlap atau nilainya melebihi standard yang standard yang diijinkan. Setelah ditemukan bahwa akar permasalahan disebabkan oleh faktor material yaitu ukuran dari bahan flange yang mengalami overlap. Selanjutnya dilakukan perbaikan atau improvement yaitu melakukan repair dies pada single part yang berkaitan dengan flange yang overlap tersebut. Evaluasi hasil dari improvement tersebut adalah nilai backdoor closing speed menjadi lebih bagus yaitu dibawah1.40 m/s sehingga saat menutup pintu belakang akan terasa ringan dan setelah dilakukan monitoring selama 2 bulan sejak perbaikan dilakukan tidak ada lagi keluhan pelanggan yang diterima di after market dengan kata lain improvement tersebut berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: ft/msn. 15 041
NIM/NIDN Creators: 41313120050
Uncontrolled Keywords: Backdoor Closing Speed , Diagram Fishbone , Improvement
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Sep 2015 11:17
Last Modified: 04 Apr 2024 04:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item