ANWAR, BIMA SYAIFUL (2025) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI EDUKASI BERJUDUL MARAHKU DALAM KENDALIKU UNTUK ANAK USIA 4 - 5 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
|
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
|
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
|
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
||
|
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
Abstract
This final project, called “Marahku Dalam Kendaliku,” is about creating an illustrated book that helps kids aged 4 to 5 learn to recognize and handle feelings of anger. Understanding emotions is really important for young children, as they often have trouble figuring out and sharing how they feel. The goal of this project is to make a learning tool that uses pictures and a story to teach kids about anger in a way that fits their growing minds. The project used a qualitative method, focusing on visual communication design. I started by observing kids at PAUD Teratai RT 08, talked to teachers and parents, and did some tests by reading the book with kids and showing it at an exhibition. The story follows a child who feels angry and learns how to control those feelings. The pictures are expressive, use colors that help show emotions, and have clear layouts to make things easier to understand. When we tested the book, both kids and adults liked it. The kids could tell what the character was feeling, connect it to their own experiences, and even suggest simple ways to deal with anger. Teachers and parents also thought it was a good resource for teaching emotions in school and at home. This project hopes to help create more educational materials for young children that are fun, meaningful, and easy to use. Keywords: early childhood emotion, illustrated book, educational visuals, anger management, character education Penelitian tugas akhir ini memiliki judul “Amarahku dalam Kendaliku” dan berfokus pada pembuatan buku ilustrasi sebagai alat pembelajaran untuk membantu anak usia 4–5 tahun mengenali dan mengelola emosi marah. Masalah emosi pada anak usia dini adalah topik penting dalam proses tumbuh kembang, karena anak sering kali kesulitan mengenali dan menyampaikan perasaan mereka secara tepat. Penelitian ini bertujuan menciptakan karya visual yang edukatif, mampu menghubungkan kebutuhan emosional anak melalui narasi dan gambar yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan perancangan komunikasi visual. Proses pembuatan dimulai dengan observasi di PAUD Teratai RT 08, wawancara dengan guru dan orang tua, serta tes langsung terhadap anak-anak melalui sesi baca bersama dan pameran karya. Buku ini menceritakan tokoh anak yang mengalami rasa marah dan belajar cara mengenali serta menenangkan diri. Desain visualnya menggunakan ilustrasi yang ekspresif, warna yang simbolik, dan tata letak yang sederhana agar anak mudah memahami. Hasil pengujian menunjukkan respons positif dari anak dan pendamping mereka. Anak-anak mampu mengenali emosi tokoh, mengaitkannya dengan pengalaman mereka sendiri, serta menyampaikan strategi yang bisa mereka terapkan. Guru dan orang tua menilai buku ini cocok digunakan sebagai media pendukung pembelajaran sosial dan emosional di lingkungan PAUD atau di rumah. Karya ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan media visual untuk anak usia dini yang bermakna, menyenangkan, dan praktis. Kata kunci: emosi anak usia dini, buku ilustrasi, visual edukatif, kemarahan, pembelajaran karakter
Actions (login required)
![]() |
View Item |
