ANALISIS KERUSAKAN PRESSURE REGULATOR VALVE PADA PESAWAT AIRBUS A320-200 DENGAN METODE FAULT TREE ANALISYS

APRIYANSYAH, MUHAMMAD (2021) ANALISIS KERUSAKAN PRESSURE REGULATOR VALVE PADA PESAWAT AIRBUS A320-200 DENGAN METODE FAULT TREE ANALISYS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Pressure Regulator Valve (PRV) is one of the components contained in the Engine Bleed Air System. PRV has a very important function to protect other components from damage due to several conditions. PRV on aircraft is often damaged so that the pressure difference occurs which results in valve conditions inside the PRV.In previous studies using the FMEA method, or often called Failure Mode and Effect Analysis with a fishbone diagram, which is a method used to find failures that occur in a part or process, and in this study the author will examine the Fault Tree Analysis method.This Fault Tree Analysis method has advantages compared to the previous FMEA method, namely the Fault Tree Analysis method can find the subject matter to the lowest event with the Cut Set mode, this cut set mode is used to evaluate the fault tree diagram and is obtained by drawing a line through the inner block. system to show the minimum number of failed blocks that cause the entire system to fail.With the fault tree analysis method, PRV damage will be detected if the PRV experiences Block In Close Position and Block In Open Position, and also knows the difference in pressure and simulated with ansys CFD to see the shape and fluid pattern. Keyword: Bleed Air, Pressure Regulator Valve, Engine Bleed Air System, Fault Tree Analysis Pressure Regulator Valve (PRV) merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam Engine Bleed Air System .PRV memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi komponen lain dari kerusakan akibat beberapa kondisi. PRV pada pesawat sering mengalami kerusakan sehingga terjadinya perbedaan pressure yang mengakibatkan kondisi valve didalam PRV.Pada penelitian sebelumnya menggunakan metode FMEA, atau sering disebut Failure Mode and Effect Analysis dengan diagram fishbone yaitu suatu metode yang digunakan untuk mencari kegagalan yang terjadi dalam suatu bagian atau proses, dan pada penelitian kali ini penulis akan meneliti dengan metode Fault Tree Analysis.Metode Fault Tree Analysis ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan metode sebelumnya FMEA yaitu Metode Fault Tree Analysis ini dapat menemukan pokok permasalahan sampai kejadian yang paling bawah dengan mode Cut Set, mode cut set ini digunakan untuk mengevaluasi diagram pohon kesalahan dan diperoleh dengan menggambarkan garis melalui blok dalam sistem untuk menunjukkan jumlah minimum blok gagal yang menyebabkan seluruh sistem gagal. Dengan metode fault tree analysis maka didapatkan kerusakan PRV akan terdeteksi apabila PRV mengalami Block In Close Position dan Block In Open Position,dan juga mengetahui perbedaan pressure serta disimulasikan dengan CFD ansys untuk melihat bentuk serta pola fluidanya. Kata Kunci : Bleed Air, Pressure Regulator Valve, Engine Bleed Air System, Fault Tree Analysis

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41319110066
Uncontrolled Keywords: Bleed Air, Pressure Regulator Valve, Engine Bleed Air System, Fault Tree Analysis
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.7 Storage and Maintenance Technology/Teknologi Penyimpanan dan Perawatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:16
Last Modified: 29 Dec 2021 07:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53149

Actions (login required)

View Item View Item