INTERPRETASI AUDIENS PADA ISI IKLAN A MILD (Analisis Resepsi Penggiat Musik Independent di Jakarta pada isi Iklan TV A Mild versi nanti juga lo paham)

RERNANDY, YOHAN CHRISTIAN (2017) INTERPRETASI AUDIENS PADA ISI IKLAN A MILD (Analisis Resepsi Penggiat Musik Independent di Jakarta pada isi Iklan TV A Mild versi nanti juga lo paham). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 HAL COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8 DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)

Abstract

Di tengah tantangan regulasi penyiaran iklan yang melarang penampilan produk rokok, A Mild menyikapinya dengan iklan yang memakai konsep surealisme bertema/tagline “nanti juga lo paham”. Iklan ini kental akan pendekatan artistik yang kompleks. Di saat yang bersamaan, A Mild sedang gencar mengelola komunitas konsumen berbasis kegiatan seni, ragam kegiatan yang sedang tumbuh signifikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi target audiens tersebut, spesifiknya Penggiat Musik Independent, pada isi iklan A Mild versi "nanti juga lo paham". Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pemaknaan mereka terhadap unsur-unsur iklan, penggunaan konsep surealisme dalam iklan, serta relevansinya dengan program pengelolaan komunitas "Go Ahead". Penelitian dilakukan dengan menggunakan teori analisis resepsi dan kategorisasi pemaknaan dalam tiga posisi: Dominant-hegemonic, Negotiated dan Oppositional. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis resepsi dengan melakukan in-depth interview dan focus group discussion kepada narasumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa iklan ini tidak begitu saja diterima oleh audiensnya. Akan tetapi, dalam konteks isi pesan, audiens memaknainya sesuai dengan yang diintensikan Pengiklan, yang berarti dalam posisi Dominant-hegemonic. Pesan dimaknai sebagai bentuk motivasi untuk orang-orang supaya berani tampil, berkarya dan melakukan aktivitas apapun sesuai hasrat mereka. Iklan juga dinilai secara teknis (mencakup unsur audio, visual, karakter, tagline, plot, dan karakter) dengan kesan yang positif. Selain itu, penggunaan konsep Surealisme ke dalam iklan dirasa tepat dan relevan dengan program Go Ahead yang sedang digencarkan A Mild. Kata kunci: analisis resepsi, audiens, iklan A Mild, Penggiat Musik Independent di Jakarta

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 161
NIM/NIDN Creators: 44314120063
Uncontrolled Keywords: analisis resepsi, audiens, iklan A Mild, Penggiat Musik Independent di Jakarta
Subjects: ?? 650 ??
?? 741.67 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:23
Last Modified: 28 Mar 2023 05:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39226

Actions (login required)

View Item View Item