Pengembangan Perangkat Lunak Sebagai Alat Bantu Pengujian Kandungan Air Berbasis Client-Server Di Puslitbang Ekologi Dan Status Kesehatan

, Rianto (2010) Pengembangan Perangkat Lunak Sebagai Alat Bantu Pengujian Kandungan Air Berbasis Client-Server Di Puslitbang Ekologi Dan Status Kesehatan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41507120010 Rianto Purnama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Puslitbang Ekologi dan Status Kesehatan sebagai pusat unggulan dalam menghasilkan dan menyebarluaskan IPTEK ekologi kesehatan, dalam hal ini laboratorium merupakan faktor penting. Dengan adanya laboratorium kita bisa mendapatkan informasi penting tentang kandungan zat yang sedang diteliti. Dalam pengelolaannya ini, penyaluran data masih konvensional berdasarkan susunan organisasi. Oleh karena itu penulis membuat solusi dari permasalahan tersebut dengan membuat perangkat lunak dalam menata dan mengolah informasi, Menyimpan informasi, mencari kembali informasi, mendistribusikan informasi, mengumpulkan dan memutakhirkan informasi. Perangkat lunak yang dibuat hanya bertujuan membantu tugas pokok Puslitbang Ekologi dan Status Kesehatan dalam melakukan pengujian kandungan air (Hg, Pb, Zn), perangkat yang dikembangkan masih berupa prototype. Pengumpulan data dilakukan secara survey dan Studi Literatur. Tahap pengembangan perangkat lunak ini menggunakan metode permodelan berorientasi objek. Kebutuhan Perangkat Lunak Server dalam menjalankan program, yaitu Apache Web Server Version 2.2.4, PHP Script Language Version 5.2.3, dan MySQL Database Version 5.0.45. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah merancang sebuah perangkat lunak yang mampu membantu melaksanakan pengujian air dalam hal pemeriksaan logam berat Hg, Pb, dan Zn. berbasis web yang sesuai dengan rancangan sistem. Perangkat Lunak tersebut akan dinamai “Sistem Pengujian Kandungan Air (Hg, Pb, Zn), Puslitbang Ekologi dan Status Kesehatan”. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perangkat lunak berbasis web, yang memiliki media penyimpanan terpusat dalam database sehingga integritas data lebih terjamin. Dengan pembagian tipe pemakai perangkat lunak berdasarkan bagian, maka perangkat lunak ini terbagi secara fungsional sesuai dengan bagian-bagian di Puslitbang Ekologi dan Status Kesehatan, dengan kata lain perangkat lunak terdiri dari sub-sub perangkat lunak yang saling bergantung satu sama lain. Hal ini bertujuan agar proses yang terjadi terjaga tetap berurutan. Perangkat lunak yang dihasilkan menggunakan rumus matematis dimana sampel yang dilarutkan dengan 100 ml aquades dikalikan dengan angka pengali sehingga menjadi nilai 100 ml dapat menghasilkan nilai yang menentukan kualitas air yang diuji. Metode yang digunakan adalah metode black box. Dengan banyaknya unit kerja yang terdapat di Puslitbang Ekologi dan Status Kesehatan, diharapkan dapat diterapkan perangkat lunak untuk unit kerja lainnya serta diharapkan pemeriksaan dapat dinikmati oleh masyarakat umum dengan cara aplikasi ini dapat dijalankan secara online di internet.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 058
Call Number: SIK/15/10/048
NIM/NIDN Creators: 41507120010
Uncontrolled Keywords: Sistem pengujian kandungan air, rekayasa perangkat lunak
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Mar 2010 11:57
Last Modified: 06 Dec 2022 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37658

Actions (login required)

View Item View Item