Persepsi khalayak terhadap maia ahmad sebagai endorser shampo Dove di TV

Pratopo, Bono (2007) Persepsi khalayak terhadap maia ahmad sebagai endorser shampo Dove di TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)

Abstract

ABSTRAKSI Setiap manusia memiliki penilaian yang berbeda-beda tentang suatu objek yang sama. Perbedaan budaya, latar belakang dan lain-lain lah yang menyebabkan adanya suatu perbedaan penilaian. Persepsi merupakan akar dari semua penilaian tersebut. Penilaian seseorang terhadap suatu objek akan tergantung sekali dengan persepsi orang tersebut terhadap objek yang dipersepsikan. Dalam penelitian ini penulis tertarik untuk mengetahui tentang bagaimana khalayak mempersepsikan sebuah iklan ditelevisi. Khususnya tentang persepsi khalayak terhadap Maia Ahmad sebagai endorser shampo Dove. Penulis ingin mengetahui persepsi khalayak dari tahap perhatian, penafsiran dan pengetahuan. Teori yang digunakan yaitu teori dari Jalaluddin Rakmat yang mengatakan proses persepsi terdiri dari attention, interpretation, dan kognition. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, yaitu dengan menggunakan kuesioner sebagai sumber data primer. Sifat penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Total Sampling yaitu seluruh jumlah populasi dijadikan sampel dengan jumlah populasi sebanyak 70 orang. Pada penelitian ini penulis mengambil populasi wanita yang berumur 18-35 tahun yang tinggal di lingkungan RT05/03 Kelurahan Joglo Jakarta Barat. Adapun alasan penulis mengambil sampel tersebut adalah daerah tersebut dianggap cocok oleh penulis berdasarkan kriteria segmentasi yang ada pada shampo Dove. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi khalayak terhadap Maia Ahmad sebagai endorser shampo Dove pada tahap perhatian, penafsiran, dan pengetahuan adalah tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi khalayak terhadap Maia Ahmad sebagai endorser shampo Dove adalah positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi khalayak terhadap Maia Ahmad sebagai endorser shampo Dove adalah positif. Maka Maia Ahmad dianggap cocok menjadi endorser shampo Dove.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 005
Call Number: SK/07/120 BON p
NIM/NIDN Creators: 04301-022
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI KHALAYAK
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Feb 2008 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37402

Actions (login required)

View Item View Item