Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Persepsi Karier Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Studi Kasus Pada Biro Organisasi dan Tatalaksana)

MULYADI, MULYADI (2006) Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Persepsi Karier Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Studi Kasus Pada Biro Organisasi dan Tatalaksana). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Full Tesis)
KARYA AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Peningkatan kinerja pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya pegawai Biro Organisasi dan Tatalaksana sangat berkaitan dengan motivasi kerja pegawai itu sendiri. Motivasi kerja pegawai tidak terlepas dari pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan persepsi pegawai, karena tingkah laku dan kebijakan yang diambil pimpinan akan mempengaruh motivasi kerja pegawai. Demikian pula halnya dengan kompensasi, dengan upah/gaji yang diterima oleh seorang pegawai yang tidak memenuhi kebutuhan hidupnya, maka akan mempengaruhi motivasinya untuk melaksanakan tugas yang diembannya. Hal ini termasuk pula dengan persepsi karier, seorang pegawai yang melaksanakan tugas dengan baik dan mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap organisasi, terbuka peluang untuk meniti kejenjang jabatan yang lebih tinggi,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh variabel- variabel kepemimpinan, kompensasi dan persepsi karier terhadap motivasi kerja pegawai Biro Organisasi dan Tatalaksana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan data cross section yang dikumpulkan dengan metode survei menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder dikumpulkan menggunakan metode eksplorasi. Responden sebanyak 100 % dari populasi, sedangkan data diolah dengan menggunakan program SPSS for Windos seri 13,00. Analisa data menggunakan analisa deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja pegawai Biro Organisasi dan Tatalaksana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tergolong cukup baik. Motivasi kerja pegawai (Y) signifikan dipengaruhi oleh variabel bebas (independent variable) yang terdiri dari : (1) Kepemimpinan (X1) yang berpengaruh positip , (2) Kompensasi (X2) yang berpengaruh positif, (3) demikian pula halnya persepsi karier (X3) yang berpengaruh positif. Saran untuk para pengambil keputusan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta : (1) Melibatkan pegawai dalam merumuskan tujuan organisasi, (2) Meningkatkan kesempatan mengikuti Diklat bagi pegawai. (3). Penerapan sistem reword & punishment secara konsisten. (4) Pemerataan uang insentive (satu bulan gaji) kepada seluruh pegawai dan (5) Meningkatkan koordinasi intern maupun ekstern. Untiuk penelitian lebih lanjut, sebaiknya dilakukan pula penelitian tentang kinerja pegawai Biro Organisasi dan tatalaksana yang dipengaruhi oleh variabel-variabel lain misalnya disiplin pegawai dan motivasi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-154
NIM/NIDN Creators: 5510412-007
Uncontrolled Keywords: msdm, manajemen sumber daya manusia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Jun 2012 13:44
Last Modified: 25 Jul 2022 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31849

Actions (login required)

View Item View Item