Efek tayangan extravaganza di Trans TV Terhadap prilaku remaja usia 12-24 thn di komplek departemen keuangan ciledug-Tangerang

Utami, Hapsari Nurul (2007) Efek tayangan extravaganza di Trans TV Terhadap prilaku remaja usia 12-24 thn di komplek departemen keuangan ciledug-Tangerang. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Kehidupan masyarakat saat ini tidak dapat dipisahkan dari media massa. Pada era informasi ini, televisi merupakan salah satu media yang sangat dibutuhkan oleh ma yara at Ber aga informasi dan iburan dapat kita dapatkan d ri elevi i. Beragamny tayangan iburan membuat te vi swa ta er mbalomb nt k menghadirkan yang erbaik bagi pemirsanya. Sala sat tayangan hib ra yang cukup dimi ati dan populer ikal ng n mas a aka i ukota sekarang ini adalah Extravaganza yang diputar oleh Trans TV. Acara ini sendiri telah bertahan selama tiga tahun lebih di stasiun televisi swasta tersebut. Itu merupakan prestasi tersendiri bagi tayangan tersebut. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana efek tayangan Extravaganza di T ans TV terhadap rema a usia 2-24 tahun di Komplek Departemen Keuangan Cil dug. Tu uannya yaitu ingin engetahui efek yang didapat setelah menyaksikan tayangan tersebut dengan melihat dari segi kognitif, afektif dan konatif. Model yang digunakan da am penel ian ini ad lah model Lasswell, yaitu who-says-what in which channel-to wh m-with wha effect. Disamping itu, penelitian ini juga didasarkan pada teori bahwa komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang dilancarkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan efek kognitif (pengetahu n) afektif (perasaan) dan konatif (sikap). Peneliti n in bersif t pen litian desk ipt f den an pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei Penulis membagikan kuesioner yang akan dijawab oleh responden terpilih. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ternyata tayangan Extravaganza mem liki i gkat ota efek yang seda g at u berada pada titik tengah terhadap remaja us a 12 24 tahun di Komplek D partemen Keuangan Ciledug. Hasil ini diperoleh melalui hasil penghitungan efek kognitif, afektif dan konatif. Kesimpulan yang didapat menunjukkan bahwa ayangan Extravaganza memiliki tingkat ef k k gni if yang ggi tingkat afek if yang sedang dan tingkat konatif yang rendah terhadap remaja usia 12-24 tahun di Komplek Departemen Keuangan Ciledug. Saran yang dapat penulis berikan adalah agar Trans TV tetap mempertahankan kekreatifitasannya dalam menyajikan tayangan hiburan, khususnya disini adalah program Extravaganza.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 026
Call Number: SK/07/180 UTA e
NIM/NIDN Creators: 4410411-044
Uncontrolled Keywords: EXTRAVAGANZA
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2008 11:41
Last Modified: 04 Jun 2017 05:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30840

Actions (login required)

View Item View Item