Strategi redaksi metro tv dalam menayangkan program top nine news (Periode september 2006)

Herlangga, Januar Fajri (2007) Strategi redaksi metro tv dalam menayangkan program top nine news (Periode september 2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi menjadi salah satu media massa yang sangat diminati masyarakat saat ini. Dari berbagai macam tayangan program acara televisi, siaran berita televisi cukup dapat menarik perhatian pemirsa. Agar tayangan berita televisi menjadi sebuah tontonan yang menarik bagi masyarakat, maka diperlukan suatu strategi dalam merencanakan berita yang akan ditayangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi redaksi Metro TV dalam menayangkan program Top Nine News. Teori yang digunakan adalah Teori Agenda Setting Cohen yang menyatakan bahwa media membentuk persepsi atau pengetahuan publik tentang apa yang dianggap penting. Apa yang dianggap penting oleh media, maka dianggap penting juga oleh publik. Pada penelitian ini strategi redaksi yang digunanakan adalah manajemen redaksional oleh George R. Terry yaitu usahausaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan Pengawasan/ Evaluasi (Evaluating) Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif yaitu penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan secara jelas tentang strategi redaksi Metro TV dalam menayangkan program Top Nine News. Penelitian ini termasuk pada penelitian pendekatan kualitatif karena penulis ingin menggambarkan strategi yang dilakukan redaksi Metro TV terhadap program Top Nine News. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, penelitian ini berupaya untuk mengetahui strategi yang dilakukan redaksi Metro TV untuk menarik perhatian pemirsa. Teknik pengumpulan data primer berupa hasil wawancara mendalam kepada beberapa narasumber Metro TV. Penggunaan data sekunder juga dilakukan untuk mendukung temuan-temuan selama penelitian, seperti : hasil rating dan pengamatan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi redaksi Metro TV dalam menayangkan program Top Nine News berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan, walaupun ada beberapa hal yang menurut sumber Metro TV adalah rahasia yaitu mengenai target rating dan target iklan, sehingga yang menjadi ukuran sejauh mana target tersebut sudah tercapai tidak diketahui dengan pasti.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 020
Call Number: SK/07/059 FAJ s
NIM/NIDN Creators: 4410412-011
Uncontrolled Keywords: STRATEGI REDAKSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Apr 2008 09:05
Last Modified: 04 Jun 2017 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30428

Actions (login required)

View Item View Item