Dampak kognitif dan afektif tayangan film kartun scooby doo di tv thd anak (Survei thd siswa kelas 5 SD N Serua I Ciputat Tangerang Banten)

Hermawan, Bambang (2008) Dampak kognitif dan afektif tayangan film kartun scooby doo di tv thd anak (Survei thd siswa kelas 5 SD N Serua I Ciputat Tangerang Banten). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Abstraksi Deregulasi di berbagai sektor, termasuk di bidang penyiaran menyebabkan industri televisi di Tanah Air tumbuh pesat. Selain sepuluh stasiun TV swasta dan satu stasiun TV Publik yang bersiaran secara nasional dari Jakarta, saat ini bermunculan T V – TV lokal di berbagai daerah. Anggota Asosiasi TV Lokal Indonesia (ATVLI) kini mencapai 28 stasiun TV yang bertebaran mulai dari ujung utara Pulau Sumatra sampai Pulau Ambon, Maluku. Selain meyiarkan program untuk remaja dan dewasa, stasiun TV juga menayangkan program untuk anak – anak diantaranya film kartun. Salah satu film kartun yang digemari oleh anak –anak yakni film berjudul Scooby Doo. Buktinya film yang tiga dasa warsa lalu disiarkan TVRI itu saat ini ditayangkan Trans7. Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana dampak kognitif dan afektif tayangan film tersebut terhadap anak – anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak koginitif dan afektif tayangan film kartun Scooby Doo terhadap anak – anak Dampak kogniktif adalah dampak yang muncul pada komunikan dimana pengetahuannya bertanbah setelah mendapat terpaan media. Sedangkan dampak afektif adalah dampak lebih jauh dari komunikasi massa dimana komunikan tersentuh emosinya dan mengambil sikap tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dari siswa kelas 5 (lima) SD Negeri Serua I, Ciputat, Tagnerang, Banten. . Hasil penelitian yang berkaitan dengan dampak kognitf tayangan film kartun Scooby Doo terhadap anak – anak menunjukkan, mayoritas responden mengerti nama dan cirri – cirri tokoh utama film tersebut, serta mampu mengingat adegan menarik dalam tiap episodenya. Sedangkan hasil penelitian yang berkaitan dengan dampak afektif menunjukkan, mayoritas responden tidak mengalami perubahan dalam diri mereka, terutama yang menyangkut perasaanya. Mereka tidak berubah menjadi penakut. Penulis menyanpaikan saran pada kreator film kartun agar dalam membuat film tidak semata menonjolkan aspek hiburan, tapi juga mengedepankan aspek edukasi. Sedangkan bagi para pengelola stasiun TV penulis menyarankan agar selektif dalam memilih film kartun yang akan disiarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 053
Call Number: SK/09/219
NIM/NIDN Creators: 0410311-051
Uncontrolled Keywords: kognitif, afektif, tayangan film, tv, anak, Survei siswa SD
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:47
Last Modified: 05 Jun 2017 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29159

Actions (login required)

View Item View Item