Peran KPI dalam proses pengawasan siaran TV Nasional di Indonesia (Studi kasus thd pengawasan isi siaran periode tayang pada bulan ramadhan 1428 H / 2007 M)

Ridwan, Muhamad (2008) Peran KPI dalam proses pengawasan siaran TV Nasional di Indonesia (Studi kasus thd pengawasan isi siaran periode tayang pada bulan ramadhan 1428 H / 2007 M). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Kehadiran Undang-undang No 32 Tahun 2002 melahirkan babak baru dalam dunia penyiaran di Indonesia. Melalui undang-undang tersebut diatur didalamnya mengenai semua hal yang menyangkut dunia penyiaran. Termasuk mengenai dibentuknya sebuah lembaga independent yang mengatur serta mengawasi penyiaran nasional. Lembaga tersebut diberi nama Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI. Namun dalam perjalanannya pembentukan KPI ini mendapat kritikan bahkan penolakan dari beberapa kalangan. Mereka merasa keberatan dengan keweanangan yang terlalu besar yang diamanatkan undang-undang terhadap KPI. Mereka mengkhawatirkan lembaga ini akan menjadi lembaga superbodi yang sangat berkuasa di bidang penyiaran, bahkan melebihi kewenangan presiden sekalipun. Salah satu kewenangan KPI yang menjadi alasan keberatannya kalangan yang menolak adalah kehadiran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang dirumuskan KPI. Mereka menilai P3SPS telah membatasi kreatifitas lembaga penyiaran serta isinya sangat multi interfretatif. Selain itu ketika perumusannya tidak terlalu melibatkan industri penyiaran. Sehingga mereka menilai isi P3SPS itu dibuat secara sepihak dan atas kepentingan sepihak juga. Perumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana peranan KPI dalam proses pengawasan siaran di Indonesia mengacu pada P3SPS KPI selama periode tayang bulan Ramadhan 1428 H?. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan nara sumber yang dinilai mempunyai kemampuan serta kapabilitas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan KPI sudah mulai berjalan dengan baik. Hal ini didukung dengan beberapa temuan bahwa KPI telah mendapat respon positif baik dari pemerintah, pelaku industri, maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 146
Call Number: SK/09/048
NIM/NIDN Creators: 4410401-118
Uncontrolled Keywords: Peran KPI, pengawasan, siaran TV Nasional, Indonesia, Studi kasus
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item