Persepsi khalayak thd pemberitaan headline news di metro tv (Studi diskriptif mahasiswa broadcast PKK UMB thd pemberitaan headline news di metro tv periode maret 2008)

Dewi, Vera Silvana (2008) Persepsi khalayak thd pemberitaan headline news di metro tv (Studi diskriptif mahasiswa broadcast PKK UMB thd pemberitaan headline news di metro tv periode maret 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Vera Silvana Dewi Judul : Persepsi Khalayak Terhadap pemberitaan Headline News di Metro TV ( Studi Deskriptif Mahasiswa Broadcast Perkuliahan Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana Terhadap pemberitaan Headline News Di Metro TV Periode Maret 2008) XIV hal + 99 hal + 41 tabel + 22 lampiran + riwayat hidup + bibliografi : 21 buku (tahun 1988 – 2007) Dewasa ini media massa memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Salah satu media massa yang sangat berpengaruh dan berperan pada perkembangan struktur masyarakat adalah TV. Televisi merupakan media elektronik yang memiliki dampak dan pengaruh yang paling besar kepada para penonton atau masyarakat luas. Dalam penyajiannya media televisi membuat suatu program berita yang bertujuan untuk menyampaikan informasi penting kepada seluruh masyarakat masyarakat luas dengan cepat dan akurat. Namun demikian media TV sangat bergantung kepada pemirsanya, oleh karena itulah stasiun TV berlomba-lomba untuk mencari pemirsa TV sebanyak-banyaknya dengan tujuan untuk mendapatkan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi persepsi Mahasiswa Broadcast Perkuliahan Kelas Karyawan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana mengenai pemberitaan Headline News di Metro TV mengenai berita Adam Air periode maret 2008. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perkembangan ilmu komunikasi khususnya kajian tentang persepsi khalayak. Dalam kerangka pemikiran, penulis membahas mengenai pengertian komunikasi massa, media massa, berita televisi, persepsi, dan pengertian khalayak. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan metode survei yang menggunakan kuisioner dengan tekhnik purposive sampling 50 % dari jumlah Mahasiswa Broadcast Perkuliahan Kelas Karyawan. Teknik pengumpulan data primernya survei dan sekundernya melalui daftar pustaka. Populasi Mahasiswa Broadcast Perkuliahan Kelas Karyawan berjumlah 207 orang dengan usia diatas 20 tahun dari Universitas Mercu Buana dengan menggunakan rumus Suharsimin Arikunto, maka diambilah 104 orang sebagai responden untuk menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan, bahwa persepsi Mahasiswa Broadcast Perkuliahan Kelas Karyawan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana mengenai pemberitaan Headline News di Metro TV mengenai berita Adam Air periode maret 2008 hasil penelitian menjawab bahwa persepsi Mahasiswa Broadcast Perkuliahan Kelas Karyawan di Universitas Mercu Buana adalah positif. Positif dalam arti bahwa tayangan tersebut dianggap baik oleh responden dalam hal pengetahuan dan penilaian terhadap pemberitaan Headline News di Metro TV.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 144
Call Number: SK/09/039
NIM/NIDN Creators: 4410401-042
Uncontrolled Keywords: Persepsi khalayak, pemberitaan headline news, metro tv, Studi diskriptif, mahasiswa broadcast, UMB
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28246

Actions (login required)

View Item View Item