Analisa penghematan energi pada instalasi air handling unit di senayan city Jakarta dengan menggunakan variable speed drive

Zulchairi, (2008) Analisa penghematan energi pada instalasi air handling unit di senayan city Jakarta dengan menggunakan variable speed drive. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41406110117 Zulchairi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)

Abstract

ABSTRAK Penghematan energi listrik pada saat sekarang gencar dilakukan oleh pemerintah khususnya PLN sebagai satu-satunya instansi penyedia listrik untuk masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut pengusahapun tidak terlepas dengan upaya yang sama. Banyak cara yang dilakukan untuk penghematan tersebut. Pengelola gedung Senayan City-Jakarta dalam upaya tersebut telah melakukan efisiensi energi pada beberapa instalasi gedung yang menggunakan rangkaian motor-motor yang konsumsi dayanya cukup besar. Salah satunya pada instalasi Air Handling Unit yang jumlahnya cukup banyak 69 unit dengan jumlah daya keseluruhan 999 Kw dengan penambahan Variable Speed Drive. Variable Speed Drive merupakan alat yang dapat mengatur kecepatan putaran motor menyesuaikan dengan beban aktual sehingga konsumsi daya listrik motor tersebut dapat ditekan sehingga dapat mengurangi biaya operasional tagihan listrik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 08 111
Call Number: STI/09/008
NIM/NIDN Creators: 41406110117
Uncontrolled Keywords: penghematan energi, instalasi air handling unit, senayan city, variable speed drive
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 25 Jun 2022 02:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28216

Actions (login required)

View Item View Item