Kajian efektivitas penggunaaan corewall pada gedung berlantai banyak dengan denah tidak simetris dua arah

Utomo, Prasetyo (2008) Kajian efektivitas penggunaaan corewall pada gedung berlantai banyak dengan denah tidak simetris dua arah. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
0110312-029 Prasetyo Utomo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Kajian Efektivitas Penggunaan Corewall pada Gedung Berlantai Banyak Dengan Denah Tidak Simetris Dua Arah. Nama : Prasetyo Utomo NIM : 0110312-029 Pembimbing utama : Ir. Zainal Abidin Shahab, MT Tahun : 2008 Pada gedung beton bertulang berlantai banyak yang berada diwilayah rawan gempa, maka diperlukan sistem perkakuan tambahan selain portal (open frame) bangunan itu sendiri. Salah satu sistem perkakuan yang bisa digunakan adalah perkakuan dengan dinding geser, yang berfungsi untuk menahan beban lateral yang terjadi pada bangunan. Penulisan tugas akhir ini merupakan penelitian lanjutan yang dilakukan oleh sdr. Frans Harapan yang dalam penelitiannya mengambil tema Kajian Efektifitas Penggunaan Dinding Core Wall Pada Gedung Berlantai Banyak Dengan Tapak Asimetris dengan bentuk denahnya adalah T. Bentuk dan penempatan dinding geser pada bangunan mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku dan ketahanannya. Oleh karena itu dalam Tugas Akhir dicoba menggunakan dinding core wall dengan ketinggian yang sama Hcw = Hbg, lebih pendek Hcw < Hbg dan lebih tinggi dari tinggi gedung Hcw>Hbg itu sendiri. Bangunan yang direncanakan merupakan bangunan sepuluh lantai dengan denah berbentuk asimetris, yaitu L. Analisis struktur menggunakan program ETABS V.9.0, dimana hasil perbandingan akhir menunjukkan pada bangunan dengan denah L dinding geser tidak selalu mendukung dalam menyerap gaya geser/lateral. Selain itu penggunaan corewall yang lebih rendah dari bangunannya sendiri ternyata lebih efektif dan ekonomis dibandingakan dengan kedua tipe lainnya. Dalam penelitian dan kajian kasus ini, untuk bangunan bertapak asimetris dinding geser ternyata tidak selalu membantu menyerap gaya geser dan mengurangi gaya geser yang masuk ke kolom. Pada beberapa kombinasi pembebanan, dinding geser malah menambah beban gaya geser pada rangka. Konfigurasi dinding geser lebih efektif dalam menyerap gaya geser dalam arah V2 (memanjang), sedangkan pada arah V3 (melintang) dinding geser malah menambah beban pada rangka. Makin tinggi dinding geser yang digunakan, maka makin besar gaya geser yang diserap oleh dinding geser dibandingkan oleh rangka, terutama dalam arah V2, sedangkan dalam arah V3 justru menambah beban pada kolom atau rangka. Dinding geser dalam berbagai kombinasi pembebanan menambah kekakuan struktur, karena mengurangi besarnya perpindahan (displacement) hingga lebih dari 70%. Hal ini berarti dinding geser sangat efektif dalam menambah kekakuan struktur. Abstrak ii Dengan menggunakan dinding geser perilaku struktur mengikuti perilaku dari struktur corewall, karena tidak mengalami/mempunyai titik belok pada lantai atas strukturnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTSP/SIP. 08 018
Call Number: STSP/09/048
NIM/NIDN Creators: 0110312-029
Uncontrolled Keywords: Gaya Lateral, gaya Geser Kolom, Corewall, Kekakuan dan Kekuatan, gedung berlantai banyak, denah tida
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Dec 2008 11:10
Last Modified: 20 Sep 2022 01:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28137

Actions (login required)

View Item View Item