Analisis penerapan pengendalian kualitas dengan bantuan sistem gugus kendali mutu dalam upaya menurunkan produk cacat di PT FDK Indonesia

Tianus, Rega (2008) Analisis penerapan pengendalian kualitas dengan bantuan sistem gugus kendali mutu dalam upaya menurunkan produk cacat di PT FDK Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
files519188148212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)

Abstract

ABSTRAK Tugas akhir ini membahas tentang Gugus Kendali Mutu yaitu dengan pendekatan siklus Deming (siklus PDCA) 8 langkah peningkatan kualitas serta 7 alat pengendali mutu dalam upaya menurunkan produk cacat serta perbaikan kualitas produk. Konsep yang berlaku di sini adalah siklus PDCA (plan-do-check-act), yang terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan rencana, pemeriksaan hasil pelaksanaan rencana, dan tindakan korektif terhadap hasil yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu produk serta sebagai bahan masukan dan dasar untuk mengambil langkah-langkah perbaikan di masa sekarang dan masa yang akan datang. Penelitian ini membahas tentang OCV yang Jelek yaitu baterai yang mengalami penurunan nilai tegangan / Voltage. Dalam implementasi 7 alat pengendali mutu yang digunakan dalam kegiatan Gugus Kendali Mutu, yakni Process Flow Diagram, Stratifikasi, Pareto Diagram, Control Charts, Cause-and-Effect Diagram, Scatter Diagram dan Check Sheet. Akhirnya dengan sistem Gugus Kendali Mutu dapat memecahkan masalah dan menurunkan produk cacat, diharapkan pula dengan sistem Gugus Kendali Mutu ini dapat menurunkan cacat-cacat produk yang lainnya serta dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 08 010
Call Number: STI/09/177
NIM/NIDN Creators: 4160411-003
Uncontrolled Keywords: pengendalian kualitas, Siklus Deming, PDCA, 7 alat pengendali mutu.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2008 14:33
Last Modified: 20 Oct 2022 07:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28095

Actions (login required)

View Item View Item