Pengendalian sistem persediaan pada perusahaan air minum dalam kemasan X dengan model probabilistrik

Kuntarto, Tony (2008) Pengendalian sistem persediaan pada perusahaan air minum dalam kemasan X dengan model probabilistrik. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL TEXT)
4160412-035 Tony Kuntarto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)

Abstract

ABSTRAKSI Tingginya tingkat persaingan dalam bisnis air minum dalam kemasan mengharuskan perusahaan melakukan efisiensi. Biaya persediaan sebagai salah satu komponen biaya terabesar harus dioptimalkan, sehigga tidak sampai terjadi overstock maupun stock out. Akan tetapi dengan tingkat permintaan yang berubah-ubah setiap saat, seta karakteristik konsumen yang mempunyai tingkat loyalitas terhadap merek yang rendah, sangatlah sulit mengatur tingkat sediaan yang optimal. Salah satu usaha pendekatan pemecahan masalah ini adalah penerapan metode pengendalian persediaan dengan model probabilistic. Dengan mengumpulkan data penjualan selama dua tahun dan dicari fungsi distribusi standard untuk menentukan fungsi permintaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan juga dianalisa apakah pengaruhnya signifikan. Dari furngsi di atas, maka dapat diketahui tingkat pelayanan, kuantitas pemesanan dan titik pemesanan ulang, biaya stockout, serta tingkat persediaaan pengaman yang mengacu pada kualaitas pelayanan dengan rumusan yang berlaku. Dari pengolahan tersebut diketahui bahwa data penjualan berdistribusi normal dengan lead-time tetap dan kuantitas variable. Dari analisa hubungan factor musim dan tingkat penjualan disimpulkan bahwa musim tidak berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Begitu juga antara satu jenis produk dengan jenis yang lain tidak saling mempengaruhi. Pada analisa tingkat pelayanan diketahui bahwa produk kemasan gelas mempunyai frekuensi kejadian stock out yang tinggi sehingga biaya stock out yang harus ditanggung juga tinggi. Untuk mengurangi kejadian stock out pada produk dalam kemasan gelas, perusahaan harus menyediakan persediaan pengaman sebesar 50 pack per hari, sedangkan pada kemasan botol persediaan pengamannya sebesar 750 unit. Untuk produk dalam kemasan gallon diperlukan persediaan pengaman sebesar 28 unit.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 08 077
Call Number: STI/09/160
NIM/NIDN Creators: 4160412-035
Uncontrolled Keywords: sistem persediaan, Overstock = kelebihan persediaan. Stockout = kehabisan persediaan Lead time = i
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2008 12:53
Last Modified: 28 Jun 2022 07:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28079

Actions (login required)

View Item View Item