Penerapan kode etik jurnalistik dan pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran pada tayangan berita kriminal TKP di Trans 7 periode Juni 2008 (Analisis isi program berita kriminal TKP)

Aqwiyanie, Annie (2008) Penerapan kode etik jurnalistik dan pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran pada tayangan berita kriminal TKP di Trans 7 periode Juni 2008 (Analisis isi program berita kriminal TKP). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI . Fenomena program berita kriminal menjadi marak saat ini. Hampir disemua stasiun televisi memiliki program berita kriminal yang dapat menarik perhatian penonton dan mampu bersaing dengan program acara sejenis di stasiun televisi lain. Upaya stasiun televisi menaikkan peringkatnya (rating) dalam merebut jumlah penonton dapat membuat stasiun televisi cenderung mengabaikan kode etik dan pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan berita kriminal pada program TKP di Trans|7 selama periode Juni 2008 dalam menerapkan Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran dalam setiap pemberitaannya. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini mengacu pada teori Bittner dalam bukunya Mass Communication : An Introduction.Teori ini menggambarkan tentang pesan – pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan yang disajikan Program TKP lebih cenderung telah menerapkan Kode Etik Jurnalistik dengan persentase sebesar 99 % dan kecenderungan berita kriminal TKP dalam menerapkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran juga cenderung ke arah menerapkan dengan persentase sebanyak 94 %.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/JR. 08 075
Call Number: SK/09/177
NIM/NIDN Creators: 4410401-005
Uncontrolled Keywords: kode etik jurnalistik, pedoman perilaku penyiaran, standar program siaran, tayangan berita kriminal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Nov 2008 09:53
Last Modified: 04 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item