Strategi produser peliputan dalam mengolah berita layak tayang di TVONE periode bulan Mei 2008 ( Studi kasus dalam program kabar petang )

Muhardi, (2008) Strategi produser peliputan dalam mengolah berita layak tayang di TVONE periode bulan Mei 2008 ( Studi kasus dalam program kabar petang ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI TV merupakan alat media massa untuk memberikan informasi penting dan menarik berupa berita dari dalam negeri maupun luar negeri kepada public. TVOne merupakan stasiun TV swasta terakhir yang memiliki program berita di Indonesia yaitu Kabar Petang yang ditayangkan setiap hari pikul 18.oo wib. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana produser peliputan dalam mengolah berita layak tayang di TVOne. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi produser peliputan dalam mengolah berita layak tayang selama periode bulan Mei 2008 karena dalam periode tersebut terdapat peristiwa bersejarah yaitu seabad kebangkitan nasional, hari buruh dan kenaikan harga BBM. Strategi produser peliputan adalah strategi yang diterapkan dari mulai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan terhadap berita layak tayang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu mencoba menggambarkan dan tidak menguji hipotesis. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu indept interview, observasi, serta dokumen. Dalam hal ini narasumber yang berkaitan dengan strategi produser peliputan dalam mengolah berita layak tayang. Hasil penelitian menunjukkan, strategi perencanaan yakni strategi rapat redaksi dimana rapat redaksi merupakan merupakan lembaga tertinggi di TVOne yang menentukan tema berita dan menentukan berita yang layak dan tidak untuk tayang, dan keredaksian yang terlibat dalam rapat redaksi juga peran sebagai penyaring berita (gatekeeper), dan dalam pengorganisasian strateginya yakni agenda setting, serta dalam penggerakan meliput berita berita seorang produser peliputan telah mengetahui reporter mana yang harus meliput dalam penentuan reporter dan pengawasan terhadap berita layak tayang dilakukan berjenjang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 118
Call Number: SK/09/167
NIM/NIDN Creators: 4410401-078
Uncontrolled Keywords: Strategi produser peliputan, mengolah berita layak tayang, TVONE, Studi kasus, program kabar petang
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Nov 2008 18:42
Last Modified: 04 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item View Item