Analisis kebutuhan bahan baku kulit bagian upper sepatu nike shox nz si td boys (317931-101) release 03/09 dgn teknik lot for lot di PT Pratama Abadi industri

Salam, Agus (2008) Analisis kebutuhan bahan baku kulit bagian upper sepatu nike shox nz si td boys (317931-101) release 03/09 dgn teknik lot for lot di PT Pratama Abadi industri. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK PT. Pratama Abadi Industri merupakan suatu perusahaan manufaktur yang kegiatan produksinya menghasilkan produk sepatu olah raga (atletik) yang berjenis running shoes dengan merk NIKE yang merupakan hasil lisensi dari perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat. Karena krisis global yang dialami saat ini tentunya perusahaan diharuskan dapat mengurangi biaya produksi agar terus eksis di perindustrian, salah satu cara yang harus dilakukan perusahaan yaitu mengendalikan persediaan bahan baku sehingga biaya persediaan dikeluarkan seekonomis mungkin. Untuk itu perusahaan harus mempunyai solusi untuk merealisasikan minimalisasi biaya persediaan. Solusi yang dapat dilakukan untuk menjawab masalah tersebut yaitu diperlukan suatu perbaikan sistem pengendalian persediaan bahan baku yang telah ada, adapun perbaikan itu dapat dilakukan dengan mengaplikasikan sistem MRP (Material Requerement Planing) dengan membandingan perhitungan teknik Lotsizing pada MRP agar dapat diketahui teknik apa yang menghasilkan biaya Persediaan seekonomis mungkin, jumlah pesanan yang optimal dan dapat diterapkan di PT. Pratama Abadi Industri. teknik lot sizing yang akan di pakai untuk perbandingan dengan metode perusahaan yaitu Jumlah Pesanan Tetap (Fixed Order Quantity), Jumlah Pesanan Ekonomis (Economic Order Quantity), Jumlah Pesanan Atas Dasar Periode (Period Order Quantity), Lot untuk Lot (Lot For Lot), Kebutuhan dengan periode tetap (Fixed Period Requirement). Dan model sepatu yang akan diambil sebagai sampel yaitu NIKE ROBAIX V (316261-041). Setelah data-data diolah dengan menggunakan teknik-teknik lot sizing tersebut, maka teknik Kebutuhan dengan periode tetap (Fixed Period Requirement) yang menghasilkan biaya total yang terendah. Kata Kunci : MRP, Lot Sizing, Persediaan, NIKE ROBAIX V (316261-041).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 09 066
Call Number: KPTI/08/101
NIM/NIDN Creators: 4160401-006
Uncontrolled Keywords: bahan baku
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Jan 2009 10:45
Last Modified: 02 Jun 2017 01:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27008

Actions (login required)

View Item View Item