Hubungan menonton tayangan sahabat khatulistiwa di trans tv dgn pengetahuan ttg kebudayaan (Survey thd siswa-siswi SDN Wanasari 01 Bekasi)

Milanti, Selvitia (2009) Hubungan menonton tayangan sahabat khatulistiwa di trans tv dgn pengetahuan ttg kebudayaan (Survey thd siswa-siswi SDN Wanasari 01 Bekasi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI SELVITIA MILANTI (44105010170) Hubungan Menonton Tayangan Sahabat Khatulistiwa di Trans TV Dengan Pengetahuan Tentang Kebudayaan (Survey Terhadap Siswa-Siswi SDN Wanasari 01 Bekasi) i-v + 98 halaman; 33 tabel; 10 lampiran Bibliografi : 20 acuan (1991 - 2007) Stasiun televisi setiap harinya menyajikan bebagai jenis program yang jumlahnya sangat banyak dan jenisnya sangat beragam tapi hanya sedikit tayangan yang bernilai positif terutama bagi anak-anak. Untuk itu maka dibutuhkan tayangan yang benar-benar mendidik Sahabat Khatulistiwa adalah tayangan feature untuk anak dan keluarga yang mengangkat kisah-kisah kehidupan seorang anak diseluruh nusantara. Kehidupan anak-anak Indonesia sehari-hari dengan kekayaan alam dan keanekaragaman budaya ditanah air sebagai latar belakangnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana hubungan tayangan Sahabat Khatulistiwa di Trans TV dengan pengetahuan tentang kebudayaan, dalam hal ini adalah siswa-siswi SDN Wanasari 01 Bekasi. Tujuannya yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan apakah ada hubungan tayangan Sahabat Khatulistiwa di Trans TV dengan pengetahuan tentang kebudayaan,dalam hal ini adalah siswa-siswi SDN Wanasari 01 Bekasi. Pada tinjauan pustaka teori yang digunakan adalah teori Lasswell. Inti dari teori Lasswel adalah who, say what, in which channel, to whom, with what effect dan didasarkan pada komunikasi yang efektif sehingga komunikasi itu membawa efek kepada penerimanya. Penelitian ini bersifat eksplanatif yang menjelaskan hubungan tayangan Sahabat Khatulistiwa di Trans TV dengan pengetahuan tentang kebudayaan siswa-siswi SDN Wanasari 01 Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode survey terhadap 104 responden yang diambil dengan teknik purposif sampling kelas 4 dan 5 SDN Wanasari 01 Bekasi disertai teknik analisis Statistik Koefisien Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menjelaskan adanya hubungan yang kuat antara pengaruh tayangan Sahabat Khatulistiwa dengan pengetahuan kebudayaan siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi sebesar 0,690 dan hal tersebut menunjukan arah positif (+) dan signifikan antara variabel tayangan Sahabat Khatulistiwa dengan pengetahuan.dan kontribusi hubungan variabel tayangan Sahabat Khatulistiwa dengan pengetahuan kebudayaan siswa-siswi SDN Wanasari 01 Bekasi sebesar 47,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 133
Call Number: SK/09/469
NIM/NIDN Creators: 44105010170
Uncontrolled Keywords: tayangan tv, trans tv, survey siswa sd
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2009 10:50
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item